Tak Perlu Kaget dengan Keinginan Kaesang Masuk Dunia Politik
Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menyebut bukan hal mengejutkan jika putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke politik.

Apalagi, kakak kandungnya, Gibran Rakabuming Raka merupakan seorang wali kota di Solo. Ditambah lagi, kakak iparnya, Bobby Nasution, juga menjabat sebagai wali kota Medan.

"Menurut saya bukan hal yang mengagetkan. Kalau Pak Jokowi dan Mas Gibran kaget, saya sih nggak, malah udah ketebak. Apalagi dia sudah mengetahui bagaimana kehidupan kakaknya, kakak iparnya, termasuk presiden," ujar Hendri di Jakarta, Kamis, 26 Januari.

Hendri menilai Kaesang Pangarep akan mengikuti jejak Jokowi dan Gibran menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), jika nantinya bergabung dengan partai politik. Sebab, PDIP lah yang membawa ayah dan kakaknya duduk di kursi kekuasaan.

"Kriterianya bukan tentang cocok atau tidak, keluarga Pak Jokowi itu yang ngangkat PDI Perjuangan, yang bantu naik itu Megawati Soekarnoputri, masak iya mau masuk partai yang lain?" katanya.

Menurut pakar komunikasi Universitas Paramadina itu, Kaesang dapat memulai karirnya dengan maju sebagai calon legislatif, baik DPRD maupun DPR RI. Jika lolos, Kaesang bisa mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Kalau menurut saya, momentum lah buat Mas Kaesang. Secara momentum politik ini tepat, bapaknya masih menjabat sebagai presiden, kakaknya jadi walikota. Jadi secara momentum tepat, dan relawan Pak Jokowi juga pasti dukung," kata Hendri Satrio.