Profil Airin Rachmi Diany, Mantan Walkot Tangsel yang Berpotensi Maju Jadi Gubernur Banten
Airin Rachmi Diany. (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Airin Rachmi Diany menjadi sorotan lantaran ia berpotensi diusung oleh Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai calon Gubernur Banten.

Hal itu terlihat saat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut nama Airin sebagai gubernur saat Rapat Koordinasi Teknis Pemenangan Pemilu Jawa 1  di Pecenongan, Jakarta, belum lama ini.

"Gubernurnya Bu Airin, Pak Ridwan Kamil, berdiri-berdiri. Kalau Bu Airin boleh berdiri, enggak duduk-duduk Bu," ucap Airlangga.

Profil Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany Wardana adalah wanita kelahiran 28 Agustus 1976. Ia lahir di Kota Banjar. Sebagian besar pendidikannya ditempuh di Jawa Barat.

Pada tahun 1995-1999, Airin mengenyam bangku pendidikan di Universitas Parahyangan, Bandung mengambil Fakultas Hukum. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Padjadjaran Bandung, Spesialis Satu ( SP-1 ) Program Studi Notariat dari tahun 2000 hingga 2002. Sedangkan gelar Magister Hukum (M.H.) diperoleh dari Universitas Padjadjaran Bandung  yang ditempuh dari 2003 sampai 2005.

Selama duduk di bangku perkuliahan, Airin memang aktif di berbagai kegiatan. Ia bahkan menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung pada tahun 1995 dan Mojang Prov. Jawa Barat pada tahun 1995. Tak sampai situ, Airin juga meraih gelar sebagai Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

Dalam perjalanannya, Airin kemudian bertemu dengan seorang pengusaha bernama Tubagus Chaeri Wardana. Keduanya lalu menikah pada tahun 1997 dan dikaruniai dua orang anak.

Meski saat ini dikenal sebagai politisi, Airin justru memulai kariernya sebagai asisten notaris pada 1999. Ia kemudian menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tangerang pada tahun 2008. Selain itu ia juga aktif di berbagai organisasi sosial khususnya di wilayah Tangerang.

Karier politik Airin dimulai pada tahun 2008. Kala itu ia mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Tangerang mendampingi Jazuli Juwaini. Sayangnya pasangan tersebut kalah.

Adik ipar mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosyiah itu kembali maju dan mencalonkan diri sebagai wali kota Tangerang Selatan setelah dilakukan pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Kala itu Airin berpasangan dengan  Benyamin Davnie. Pencalonannya sebagai orang nomor satu di Tangerang Selatan ternyata berhasil. Airin-Benyamin mendapat suara sebanyak 188.893 suara. Airin menjadi Walkot Tangsel untuk periode 2011-2016.

Airin kembali dipercaya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan pada periode selanjutnya yakni periode 2016 hingga 2021 dengan diusung oleh Partai Golkar.

Setelah tak lagi menjabat sebagai Wali Kota Tangsel Airin semakin aktif di Partai Golkar. Ia bahkan dilantik sebagai Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) pada tahun 2021.

Sebelum Ketum Golkar Airlangga Hartarto mengaitkan nama Airin dengan Gubernur Banten, nama Airin diidolakan beberapa partai. Bahkan muncul wacana mengusung Airin menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2024 nanti.

Ketua DPP Golkar Airin itu sempat dikabarkan bakal dipasangkan dengan Bendahara Umum Nasdem Ahmad Sahroni untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024 nanti. Selain itu Gerindra juga sempat dikabarkan tertarik memasangkan Airin dengan Ketua DPD Gerindra DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 nanti.

Meski demikian, hingga artikel ini ditulis belum ada pengumuman resmi terkait pencalonan Airin. Selain terkait profil Airin Rachmi Diany, dapatkan informasi menarik lain di VOI.ID.