Bagikan:

JAKARTA - Partai Golkar tetap mengajukan nama mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur di Pilkada Banten 2024. Meskipun hingga kini belum ada partai politik lain menyatakan dukungan dan bekerjasama dengan Partai Golkar. 

Diketahui, Partai Gerindra, rekan sesama koalisi pendukung Prabowo Subianto, mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah, dengan membawa sejumlah partai, mulai dari NasDem, PKS, PAN, hingga PSI. 

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Airin tetap dijagokan karena berhasil menjalankan tugas sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Banten pada Pilpres 2024 lalu.  

"Soal Banten, memang bu Airin dan kemarin bekerja sebagai TKD di Banten, jadi tentu sewajarnya tetap mendukung bu Airin untuk maju di Banten," ujar Airlangga dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis, 11 Juli. 

Terkait calon wakil gubernur pendamping Airin, Airlangga menuturkan partainya masih melakukan evaluasi terhadap para kandidat. Sementara ini, PDIP mengusulkan nama Ketua DPD PDIP Banten, Adi Sumardi untuk berduet dengan Airin.

"Tentu untuk pasangannya kita akan evaluasi dalam satu dua bulan ke depan," kata Airlangga. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan partainya akan mendukung Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. 

 

Kader Partai Golkar sekaligus mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu bakal dipasangkan dengan Ketua PDIP Banten, Ade Sumardi. 

"Betul (PDIP dukung Airin, red)," kata Djarot, Kamis, 11 Juli.

"Kalau untuk Banten (wakilnya, red) kalau enggak salah pak Ade, Ketua DPD Banten," sambungnya.

Saat ditanya soal duet Andra Soni dan Dimyati Natakusumah yang berpotensi menjadi rival PDIP di Pilkada Banten, Djarot mengaku PDIP tidak khawatir melawan pasangan yang didukung kallsii besar. Menurut Djarot, koalisi besar belum tentu menang. 

"Biarin aja, tadi loh gajah sama semut menang mana? Gitu aja kok repot," katanya.