Perkenalkan Mohe, Kota Paling Utara China yang Cetak Rekor Suhu Terdingin, Minus 53 Derajat
Ilustrasi Photo by Tetiana SHYSHKINA on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Suhu di kota paling utara China, Mohe, jatuh ke minus 53 derajat. Dan ini menjadi suhu terdingin yang pernah tercatat, kata ahli meteorologi.

Mohe lokasinya ada di provinsi Heilongjiang timur laut. Dia lebih dekat dengan Siberia Rusia dan dikenal sebagai "Kutub Utara China".

Suhu di Mohe pukul 07.00 pada 22 Januari, juga hari pertama Tahun Baru Imlek, tercatat minus 53 derajat. Ini mengalahkan rekor sebelumnya minus 52,3 derajat pada tahun 1969, kata para pejabat, dilansir dari CNN.

Otoritas meteorologi China memperkirakan penurunan suhu yang besar di beberapa bagian negara itu dan mengeluarkan gelombang dingin biru pada hari Senin.

Di negara tetangga Rusia, Yakutsk, yang terkenal sebagai kota terdingin di dunia, mengalami penurunan suhu hingga minus 62,7 derajat. Ini menjadikan suhu terdingin dalam lebih dari dua dekade.

Musim dingin di Mohe panjang dan dimulai pada awal Oktober, seringkali berlangsung hingga Mei. Suhu rata-rata selama periode ini diketahui turun di bawah titik beku, kata para ahli.

Belum ada peringatan yang dikeluarkan di Mohe, tetapi ahli meteorologi lokal mengatakan hawa dingin akan berlanjut hingga minggu ini.