Hanya Kegiatan Keagamaan, TMII Tak Menggelar Acara Khusus Imlek 2023
Sejumlah pengunjung tengah berswafoto dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Klenteng Kong Miao TMII (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak menggelar acara khusus untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

"Kami tidak ada acara khusus. Hanya kegiatan keagamaan di Klenteng Kong Miao yang sudah berlangsung sejak Sabtu malam," kata Direktur Eksekutif TMII Emilia Eny Utariketika saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, mengutip Antara.

Di Klenteng Kong Miao sendiri hanya ada umat Khonghucu yang tengah melaksanakan kegiatan keagamaan. Namun, juga ada beberapa pengunjung yang sedang berswafoto di klenteng tersebut.

Rohaniwan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Wenshi Vekky Mongkareng mengatakan, pimpinan Matakin memang membatasi perayaan Imlek hanya pada kegiatan keagamaan saja, meski pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selama pandemi COVID-19, kata dia, perayaan Tahun Baru Imlek tidak semeriah empat tahun sebelumnya.

"Terus terang saja tahun ini, dan tiga tahun belakangan kegiatan memang sangat terbatas. Dulu ada kegiatan barongsai, pertemuan dengan tokoh lintas agama dan pemerintah," kata Vekky.

Salah satu pengunjung, Desi (25) mengaku datang ke klenteng ini untuk melihat perayaan Tahun Baru Imlek.

Namun, dia menyayangkan perayaan Imlek ini tidak ada atraksi barongsai yang dapat memeriahkan suasana Imlek, tetapi hanya kegiatan keagamaan saja.

"Ya, jadinya saya hanya foto-foto saja di depan klenteng," tuturnya.