Operasi Liong Kapuas, Polres Singkawang Libatkan 700 Personel Gabungan Amankan Imlek dan Cap Go Meh
Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama/ANTARA

Bagikan:

SINGKAWANG - Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan, akan melibatkan 700 petugas terdiri dari anggota polres dibantu TNI dan anggota organisasi massa setempat dalam mendukung pengamanan kegiatan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Kota Singkawang.

"Untuk pengamanan, kami akan menggelar Operasi Liong Kapuas yang dimulai dari perayaan Imlek sampai dengan Festival Cap Go Meh dari tanggal 20 Januari sampai 6 Februari 2023," katanya di Singkawang, dikutip dari Antara, Minggu, 8 Januari. 

Khusus pada malam Lampion dan ritual Cuci Jalan para tatung, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 700 personel yang dibantu oleh TNI, instansi terkait, organisasi masyarakat dan panitia.

"Pengamanan dilakukan agar perayaan Imlek dan Cap Go Meh bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," tuturnya.

Karena, lanjutnya, tanpa peran forkopimda, tokoh masyarakat dan panitia, pihaknya selaku pengamanan tidak akan bisa bekerja maksimal.

"Sehingga ada rencana kami untuk menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dan melakukan simulasi pengamanan untuk pawai lampion dan Cap Go Meh. Bahkan kami juga akan menggelar Taktik For Games," kata Arwin.

Dia berharap pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Kota Singkawang dapat berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga masyarakat Tionghoa bisa merayakannya dengan suka cita, mengingat kegiatan ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19.