India mulai Produksi Senapan Serbu AK-203 Kalashnikov Rusia, Bisa Ekspor ke Negara Lain
Senapan serbu AK-203. (Sumber: Rosoboronexport)

Bagikan:

JAKARTA - Usaha patungan Rusia-India memulai produksi senapan serbu AK-203 Kalashnikov, dengan pengiriman ke tentara India akan dimulai dalam waktu dekat, layanan pers Rosoboronexport mengatakan pada Hari Selasa.

"Pabrik Persenjataan Korwa di Amethi, Uttar Pradesh, telah memproduksi batch pertama senapan serbu Kalashnikov AK-203 berkaliber 7,62 mm. Awal pengiriman ke Angkatan Darat India diharapkan segera," jelas layanan pers mengutip Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev, melansir TASS 17 Januari

"Pada saat yang sama, kapasitas pabrik memungkinkan untuk sepenuhnya melengkapi personel lembaga penegak hukum lainnya di India dengan senapan serbu AK-203, yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi, cocok untuk berbagai operator," jelasnya.

"Selain itu, perusahaan patungan tersebut akan dapat mengekspor produknya ke negara ketiga," tandasnya.

Menurut laporan perusahaan, "joint venture berencana untuk memastikan 100 persen lokalisasi produksi senapan AK-203 di India. Di masa depan, perusahaan juga dapat meningkatkan produksi dan meningkatkan fasilitas produksinya untuk memproduksi senapan canggih berdasarkan platform senapan serbu layanan pers mengutip Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev.

"Rusia dan India dihubungkan oleh hubungan kemitraan yang kuat. Kerja sama militer-teknis antara kedua negara telah menghasilkan pembangunan perusahaan patungan Indo-Russian Rifles Private Limited," terang Direktur Rostec Jenderal Sergey Chemezov.

"Dengan diluncurkannya produksi seri senapan serbu Kalashnikov AK-203, persenjataan ringan yang berkualitas, nyaman, dan modern akan mulai digunakan oleh lembaga pertahanan dan penegakan hukum India. Model ini menggabungkan ergonomis yang sangat baik, kemampuan beradaptasi dengan penembak yang berbeda, dan karakteristik performa tinggi, ini adalah salah satu senapan serbu terbaik di dunia," tandasnya.

Rosoboronexport mencatat, senapan serbu seri AK-200 telah mempertahankan semua keunggulan tradisionalnya, "keandalan, daya tahan, dan kemudahan perawatan. Pada saat yang sama, mereka sepenuhnya memenuhi persyaratan senjata api terbaru di dunia dalam hal ergonomi dan kemampuan untuk memasang peralatan tambahan berteknologi tinggi."