Polresta Pangkalpinang Kerahkan 114 Personel Amankan 20 Kelenteng
Kabag Ops Polresta Pangkalpinang Kompol Toni Susanto (dua kiri) saat meninjau pengamanan Hari Raya Imlek di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, Sabtu (21/1/2023). (ANTARA/Aprionis)

Bagikan:

PANGKALPINANG - Polresta Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, mengerahkan 114 personel untuk mengamankan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2023 di 20 kelenteng guna menciptakan kondisi kondusif di Kota Beribu Senyuman itu.

"Pengamanan sudah dilakukan sore ini, Sabtu sore, dan berjalan aman," kata Kabag Ops Polresta Pangkalpinang Kompol Toni Susanto saat meninjau pengamanan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau dilansir ANTARA, Sabtu, 21 Januari.

Dia mengatakan pengamanan tersebut dilakukan hingga Senin (23/1) dengan melibatkan 114 personel Polresta Pangkalpinang yang memastikan perayaan Imlek berjalan aman, lancar, dan tertib.

"Saat ini para pengunjung Kelenteng Kwan Tie Miau sudah mulai berdatangan untuk beribadah dan nanti malam akan ada pergelaran barongsai di kelenteng tertua di Pangkalpinang ini," jelasnya.

Menurut dia, pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2023 perlu mewaspadai terhadap gangguan keamanan dan tindak kriminalitas lain yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat, khususnya umat Tionghoa, yang merayakan Imlek.

"Saya berharap tidak ada hal-hal yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat selama perayaan Imlek ini," imbuhnya.

Dia menyatakan kerukunan antarumat beragama di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang, berjalan dengan baik. Namun demikian, dia mengimbau masyarakat tetap waspada dan tidak melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami mengimbau masyarakat, khususnya warga beragama Konghucu, tidak melakukan perayaan Imlek yang berlebihan guna menciptakan situasi kondusif," ujarnya.