Akhiri Masa Jabatan, Terawan: Sesudah Jadi Menteri Saya Jadi Mantri, Boleh Menyuntik Orang Kembali
Terawan Agus Putranto (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan periode 2019-2020 Terawan Agus Putranto secara resmi mengakhiri jabatannya. Jabatan Menkes diserahkan kepada Budi Gunadi Sadikin dalam serah terima jabatan.

Terawan mengatakan setelah menjadi menteri dirinya akan menjadi mantri dan hal ini menjadi kebanggaan bagi dirinya karena bisa kembali mengobati bahkan menyuntik orang yang sakit.

"Saya tergelitik bahwa saya sesudah menjadi menteri menjadi mantri dan itu kebanggaan buat saya, saya boleh menyuntik orang kembali," kata Terawan dalam acara sertijab yang ditayangkan di akun YouTube Kemenkes RI.

Dia bercerita sebelum melaksanakan acara sertijab tersebut, dirinya sempat bertemu dengan tiga orang pasiennya terlebih dahulu yang mengalami gangguan kesehatan. Satu pasiennya, kata dia, bahkan datang dari Amerika Serikat.

"Sebelum berangkat ke sini saya boleh menolong tiga orang pasien. Dua orang stroke batang otak dan satu dengan demensia datang dari Amerika dapat diselesaikan dengan baik," ungkapnya.

Terawan mengatakan dirinya sangat bersyukur dapat mengakhiri tugasnya sebagai Menkes meski dia merasa tugasnya belum selesai sepenuhnya. Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini juga merasa bersyukur pernah duduk dan memimpin Kementerian Kesehatan.

"Meskipun belum lengkap tapi itu merupakan anugerah yang Tuhan berikan," tegasnya.

Terawan juga mengucapkan selamat datang kepada Menkes yang baru saja dilantik yaitu Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. Tak hanya itu, Terawan juga menyampaikan selamat bekerja kepada keduanya.

Selain itu, Terawan juga meminta kepda seluruh jajaran Kemenkes dapat bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Tak hanya itu, dia juga meminta maaf kepada semua pihak.

"Pada kesempatan ini, saya dan keluarga beserta istri dan stafsus saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya bila di dalam kedinasan, ada hal-hal yang tidak berkenan di hati bapak ibu semuanya. Baik itu sengaja maupun tidak disengaja, dalam perkataan dan perbuatan saya," ungkapnya.

"Saya betul-betul mohon maaf lahir dan batin," tutur Terawan.

Diberitakan sebelumnya, Terawan menjadi salah satu menteri yang turut direshuffle oleh Presiden Jokowi pada 22 Desember lalu. Dia digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin yang tadinya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN.