Tugas Jokowi ke Menkes Baru Budi Gunadi Sadikin: Tangani COVID-19 Agar Kembali ke Hidup Normal
Budi Gunadi Sadikin. ANTARA/HO-Setpres

Bagikan:

JAKARTA - Setelah ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengaku mendapat tugas penting dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi Gunadi diminta mengurusi masalah pandemi COVID-19 sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal seperti sedia kala.

"Kami ditugasi salah satunya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus COVID-19. Sehingga anak-anak kita bisa kembali ke sekolah belajar dengan bertemu guru-gurunya, agar semua pengusaha UMKM bisa membuka tokonya dan kembali berdagang seperti biasa, agar semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal sehingga kita bisa kembali bersilaturahmi dengan sesama teman-teman dan keluarga," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 22 Desember.

Budi Gunadi mengatakan akan berupaya sebaik mungkin sehingga amanah yang diberikan padanya bisa dijalankan dengan baik. Tapi, untuk menjalankan tugasnya, Budi menyebut, dirinya tak bisa bekerja sendirian tapi harus disertai peran dan kerja sama semua pihak.

"Kami tidak mungkin melakukannya sendiri, kami harus melakukannya bersama-sama. Kemenkes tidak mungkin melakukannya secara ekslusif. Kita harus melakukannya secara inklusif," tegasnya.

Menurutnya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam menghadapi masa pandemi ini. Sebab, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan tak bisa membuat satu kebijakan tanpa dipatuhi oleh masyarakat.

Selain itu, dirinya menilai, jika semua pihak bersatu maka ke depan Indonesia akan memiliki sistem pelayanan kesehatan yang kuat dan mampu memerangi dampak pandemi COVID-19. "Kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni sehingga generasi sesudah kita bisa menghadapi Sars-COV-3 dan 4 yang kita tidak tahu kapan datangnya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin  ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto oleh Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, dia akan dilantik Jokowi Rabu, 22 Desember bersama enam orang lain.

Adapun lima menteri baru di Kabinet Indonesia Maju adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Budi Gunadi Sadikin mengawali kariernya di dunia perbankan. Lulusan Institut Teknologi Bandung menjadi Chief GM HR PT Bank Bali Tbk (1994–1999), dan Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999–2004).

Dia juga pernah menjabat Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004–2006), Direktur of Micro and Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk (2006–2013), Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013–2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016–2017).

Kemudian, Budi Gunadi Sadikin sempat menjadi Direktur Utama PT Inalum. Pada 2019, Budi Gunadi diangkat menjadi wakil menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo.