Kembali Jadi Ketua Dewan Pengarah Formula E 2023, Bamsoet Bakal Beri Kejutan Siapa Ketua Panitianya
Ketua MPR sekaligus Ketum IMI Bamsoet kembali jadi Ketua Dewan Pengarah atau Steering Committee Formula E 2023. (Instagram @bambang.soesatyo)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua MPR yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menjadi Ketua Dewan Pengarah atau Steering Committee Formula E pada tahun ini.

Dalam akun Instagramnya, Bamsoet menyebut PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD penyelenggara Jakarta E-Prix tengah menyusun kepanitiaan gelaran balapan. Dalam waktu dekat, Jakpro akan mengumumkan siapa ketua panitia pelaksana atau organizing committee Formula E tahun 2022.

"Sebagai Ketua Umum IMI, saya akan menjadi Ketua Steering Committee. Ananda Mikoka sebagai Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI akan kembali menjadi Ketua Racing Committee. Sedangkan untuk jajaran organizing committee akan segera diumumkan dalam waktu dekat, yang pasti akan ada kejutan terkait siapa ketua panitianya," kata Bamsoet lewat akun bambang.soesatyo, Kamis, 19 Januari.

Sementara pada tahun 2022, Ketua Panitia Pelaksana Formula E adalah Ahmad Sahroni. Sahroni merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem sekaligus Sekjen Ikatan Motor Indonesia.

Dalam kempatan itu, Bamsoet menegaskan bahwa balapan mobil listrik tahun ini tidak akan menggunakan APBD DKI Jakarta. Sehingga, Jakpro akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak swasta untuk menjadi sponsor dengan skema business to business.

"Biaya penyelenggaraannya tidak terlalu besar, karena sirkuit sudah dibangun dan fee penyelenggaraan acara juga sudah dibayarkan ke FEO," ucap dia.

Sebagai informasi, Formula E Operation (FEO) telah memasukkan jadwal penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023 dalam kalender balapan musim ke-9 dalam laman resminya.

Sementara ini, format acara dan konsep balapan Jakarta E-Prix itu masih dalam tahap penggodokan. Yang jelas, skema pembiayaan penyelenggaraannya adalah business to business (B2B) oleh Jakpro.

LBeberapa waktu lalu, telah datang ke Indonesia untuk mengecek kesiapan sirkuit Jakarta E-Prix 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Peninjauan FEO yang berkantor pusat di London, Inggris ini dilakukan oleh Poject Director for Jakarta E-Prix, Gemma Roura pada Jumat, 13 Januari lalu, sekitar empat bulan sebelum hari balapan pada 3-4 Juni mendatang.

"Dalam kunjungan ke JIEC ini, pihak FEO mengaku puas atas persiapan teknis maupun nonteknis yang sedang dilakukan oleh Jakpro," kata VP Corporation Secretary PT Jakarta Propertindo Syachrial Syarief.

Ke depannya, FEO akan lebih sering berkunjung ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan tim penyelenggara Jakarta E-Prix 2023 sekaligus memastikan tahapan persiapan menjelang puncak pelaksanaan berjalan lancar.