Paspampres Tak Mau Melulu Dicap Tegang dan Serius, Bikin Lomba Lari di Ring 1 Istana
Paspampres yang terus ada di sekeliling Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat mengikuti ajang Fun Run di sekitaran Istana Merdeka, Jakarta. Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan Hari Bakti ke-77 Paspampres.

"Jadi tidak hanya berupa kegiatan militer, tapi kita juga mau melaksanakan kegiatan olahraga," kata Komandan Paspampres (Danpaspampres) Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko di Jakarta, Rabu, 18 Januari.

Acara Fun Run ini akan dilaksanakan pada 12 Februari mendatang. Tema yang diusung adalah 'Setia Waspada Run'. Diharapkan masyarakat bisa melihat Paspampres dari dekat agar stigma serius dan tegang pasukan pengamanan ini bisa berubah.

Selain itu, kegiatan Fun Run ini diharap dapat menyaring bibit atlet yang bisa dibibit oleh pemerintah. Sehingga, Wahyu berharap makin banyak masyarakat bisa ikut dalam acara tersebut.

Apalagi, jumlah yang sudah mendaftar mencapai 1.800 orang.

"Mudah-mudahan target kita 4.000 (peserta, red) kalau tidak salah bisa terlaksana pada hari H-nya," ujarnya.

Melengkapi pernyataan Wahyu, pihak penyelenggara, Ridwan Yudha Prasety mengatakan ada dua kategori perlombaan yaitu 10 kilometer dan 5 kilometer.

Peserta rute 10 kilometer akan memulai perlombaan di Silang Barat Daya Monas. Para pelari bakal melewati Jalan M.H. Thamrin, Sudirman, Bundaran HI, Balaikota DKI hingga kembali ke Monas.

"Yang istimewanya adalah kita melewati nanti Istana presiden Istana Negara. Fungsi tujuan acara ini untuk menciptakan hubungan masyarakat dan Paspampres agar lebih humanis," kata Ridwan saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk rute Fun Run 5 kilometer akan melewati Jalan M.H. Thamrin, Sudirman, hingga Medan Merdeka Barat. Dari sana, peserta akan putar balik finish silang barat daya.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini, izin sudah dikeluarkan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta. "Jadi, ini berterima kasih kepada Pemerintah Daerah DKI jakarta yang telah memberikan izin secara khusus untuk mempergunakan kawasan Monas dan sekitar di car free day," kata perwakilan Running Management, Iye Rohadi.