2 Hari Hilang di Hutan, Pekerja Tambang di Konawe Ditemukan Selamat
Basarnas sebut pekerja tambang hilang di hutan Kabupaten Konawe Utara ditemukan selamat, Selasa (17/1/2023) (ANTARA)

Bagikan:

KENDARI - Basarnas menyebut pekerja tambang yang sebelumnya dilaporkan dua hari hilang di hutan Desa Tapunggaeya Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, mengatakan korban bernama Arman (40) ditemukan dalam keadaan selamat oleh keluarganya yang ikut melakukan operasi pencarian.

"Pada pukul 15.00 WITA korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh keluarga korban yang turut serta dalam pencarian," katanya kepada Antara, Selasa 17 Januari.

Ia menyampaikan korban ditemukan sekitar 2 kilometer arah selatan dari lokasi terakhir korban dilaporkan hilang, dimana posisi korban sedang berjalan kebingungan.

Tim SAR gabungan selanjutnya mengevakuasi korban menuju rumah tempat tinggalnya di Desa Toreo Kecamatan Wawolesea Kabupaten Konawe Utara.

Pencarian korban turut melibatkan unsur Unit Siaga SAR Konawe Utara, Kodim 1430 Konawe Utara, Polres Konut, Damkar Konut, BPBD Konut, securiti PT Antam Konut, masyarakat sekitar dam keluarga korban.

"Dengan ditemukan korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing," kata Aris.

Korban sebelumnya masuk ke hutan wilayah Tapunggaeya dan Mandiodo di Kabupaten Konawe Utara pada 15 Januari 2023 sekitar pukul 20.00 WITA bersama dua orang rekan kerjanya. Namun, pada pukul 23.50 WITA, kedua rekan korban kembali ke basecamp untuk mengambil makanan.

Usai mengambil makanan, selanjutnya pada pukul 02.30 WITA kedua rekan korban kembali masuk hutan dan tidak menemukan korban. Saat itu yang ditemukan hanya telepon genggam, rokok dan sepatu milik korban.