Bagikan:

JAKARTA - Komika Mamat Alkatiri bikin heboh saat tampil di kanal YouTube Kritik Politisi. Beragam hal dari dunia politik tanah air mulai dari partai, politisi baper hingga sistem politik tidak lepas dari kritik Mamat. 

Mamat tampil bersama politisi Perindo Deborah Debby Wage. Meski dengan materi politik yang berat, penuh lika liku, kehadiran aktor Onadio Leonardo memberikan warna yang fresh, ringan, dan mengundang gelak tawa bagi setiap penontonnya. 

Sebagai pembuka, Mamat menghujam dengan pertanyaan tajam ke Debby soal ketertarikan masuk dalam politik. Bagi Mamat, politisi kekinian tampil untuk mewakili dirinya, golongan, keluarga dan perusahaan bukan untuk rakyat. 

"Dari seorang politisi, apakah anda itu masuk di politik itu murni karena ingin merubah sesuatu atau karena didorong di dalam jurang, suka atau karena ada kepentingan perusahaan yang harus anda gol-kan di dalam," tanya Mamat dikutip dari YouTube WG TV 'Mengkritik Politisi Eps 1: Mamat Alkatiri Membabi Buta Onad Ketakutan, Rabu, 11 Januari. 

Debby lantas menjawab awal mula ketertarikan masuk dalam politik. Mulai dari bidang keilmuannya sebagai mahasiswa, skripsi yang berhubungan dengan potret kemiskinan di Indonesia hingga pekerjaan awalnya sebagai  jurnalis. 

Banyak hal yang ditemui politisi muda ini dan menimbulkan konflik dalam dirinya sendiri. Misalnya, pandangan miring soal legislatif yang penuh dengan trik intrik, politik kotor dan sebagainya.

"Jadi semuanya belum final. Dan apa yang bisa saya lakukan? Perjuangan apa yang perlu dilakukan! Atau karena pernah membuat skripsi soal kemiskinan maka perjuangannya ingin buat orang lebih sejahtera, gimana kebijakan yang harus diambil. Ini penting karena kesejahteraan masyarakat itu dipengaruhi kebijakan publik,"  terang Debby. 

Jawaban Debby ini membuat Mamat sinis. Karena di luar sana banyak politisi yang menjawab apa yang dilakukan hanya untuk rakyat semata namun hasilnya nol besar. Dia berharap, Debby tak menjadi bagian dari itu. 

"Suatu saat kalau Kak Debby karir politiknya cemerlang masyarakat bisa tagih dari video ini. Ini jejak digital. Mana tuh kata Anda kebijakan publik yang berpengaruh pada perusahaan bos atau..."ucap Mamat sambil tertawa. 

Tak berhenti di situ, Mamat kemudian menyoroti perputaran uang dalam partai politik atau saat kampanye. Sebagai politisi, Debby harusnya sadar kalau masuk dalam lingkungan yang kotor ini jelas berpengaruh pada sikapnya nanti. 

Debby menampik pandangan Mamat ini. Perjuangan politisi tidak bisa dilakukan sendiri -sendiri. Harusnya, si politisi menggandeng pihak lain untuk berjuang bersama-sama dan tidak terjebak dalam politik uang. 

Termasuk influencer yang kehadirannya saat ini sebagai corong pengawas bagi pemerintah atau kinerja partai politik.   

"Perjuangan itu harus ramai, influencer bersatu. Sekarang kan semua terbagi. Ada influencer A dan B, politisi yang A dan B. Kalau kita mau maju berjuangnya jangan satu-satu , ramean," tegas Debby.