Gibran Siapkan Lahan untuk Gedung SMA di Pasar Kliwon
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (ANTARA/Aris Wasita)

Bagikan:

SOLO - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menyiapkan lahan untuk membangun gedung sekolah menengah atas (SMA) di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon guna memenuhi kebutuhan sekolah.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan lahan yang disiapkan untuk membangun gedung SMA luasnya sekitar 7.000 meter persegi.

"Kami kasih 7.000 meter persegi. Ini solusi untuk warga Kecamatan Pasar Kliwon. Kalau yang Laweyan nanti," katanya dikutip ANTARA, Senin, 19 Januari.

Menurut dia, pembangunan gedung SMA di Pasar Kliwon dimulai tahun ini dengan dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Ini sudah ada bangunannya, baru. Tinggal dari provinsi tambah laboratorium, cari guru juga, tapi itu cepat," katanya.

Pemerintah Kota Surakarta mengupayakan pembangunan SMA baru karena penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru membuat anak-anak yang tinggal di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon kesulitan sekolah di SMA negeri.

Gibran mengatakan pemerintah kota juga akan menyediakan lahan untuk pembangunan gedung SMA di Kecamatan Laweyan.

"Yang Laweyan nanti sik. Tanah ada, tinggal tunggu persetujuan Pak Gubernur (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo)," katanya.

Selain mengupayakan penambahan jumlah SMA, Pemerintah Kota Surakarta akan membangun gedung sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) selama tahun 2023.

"Secara paralel kami membangun SMA, SD, SMP, membangun pasar juga. Banyak yang dibangun, biar jalan jadi satu," kata Wali Kota.