Buaya yang Muncul di Pantai Legian Bali Mati Diduga karena Stres
Buaya yang muncul di Pantai Legian Bali/DOK Humas Polresta Denpasar

Bagikan:

BADUNG - Buaya muara yang muncul di Pantai Legian, Kuta, Badung, Bali, mati. BKSDA menduga kematian buaya yang bikin heboh di Pantai Legian ini karena stres.

"Buaya yang kemarin dievakuasi meninggal dunia. Diduga penyebabnya adalah stress, dehidrasi dan shock. Baik tunggal maupun gabungan," kata Kepala BKSDA Bali Agus Budi Santosa, Kamis, 5 Januari.

BKSDA sebelumnya menyebut buaya yang muncul di Pantai Legian diduga berasal dari Tahura Ngurah Rai. Buaya ini berukuran 2,9 meter.

"Ini namanya buaya muara. Ini buaya jenis kelaminnya jantan, panjang kurang lebih 2,9 meter. Hari ini sudah berhasil kita tangkap dan kita amankan dulu," kata dia, Rabu, 4 Januari.

Habitat buaya ini disebut berada di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai. “Karena memang habitat aslinya di sana, kalau di habitat aslinya masih ada. Tapi kan tidak sampai ke sini (Pantai Legian)," imbuhnya.

Saat diperiksa, ada bekas luka di badan buaya. BKSDA akan melakukan eksaminasi.

“Apakah ini, sebetulnya buaya yang dipelihara, kemudian dilepaskan oleh pemeliharanya atau ini memang asli dari alam. Ini kita belum pastikan nanti tunggu ahli hasilnya," kata Agus.