Keraton Surakarta Minta Revitalisasi Segera Dikerjakan Pemkot, Gibran Tegaskan Ingin Prosesnya Cepat
Keraton Surakarta/FOTO: ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat meminta revitalisasi bangunan peninggalan sejarah tersebut segera dikerjakan oleh pemerintah daerah.

Adik Paku Buwono XIII, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari berharap agar revitalisasi dapat dilakukan secepatnya.

"(Kalau bisa) Minggu ini, bangunan kan sudah ada," katanya dikutip ANTARA, Rabu, 4 Januari.

Mengenai desain, dikatakannya, akan menyinkronkan dengan yang ada. GKR Wandansari juga meminta agar Pemkot Surakarta segera membentuk tim kecil untuk menyiapkan apa saja yang perlu direvitalisasi.

"Kalau bisa (isi tim kecil) putra-putri Sinuwun (PB) XII dan XIII. Siapa bisa kerja apa. Sinuwun memang pimpinannya, dawuh-nya (perintah) harus sinkron, kalau nggak pas ya kami sinkronkan," katanya.

Dia mengatakan untuk revitalisasi prioritas pertama yang ada di dalam keraton, salah satunya bangunan Songgo Buwono. Ia berharap niatan untuk revitalisasi tersebut dapat segera terlaksana.

Terkait hal itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan  pemerintah daerah menunggu perintah dari PB XIII. Meski demikian, ia belum bisa memastikan apakah revitalisasi dapat dilakukan pada tahun ini.

"(Untuk tahun ini) APBD sudah diketok, APBN sudah dikunci, CSR sudah saya kunci. (Pihak Keraton) bisa menerima karena mekanisme anggaran kan seperti itu. Tapi yang namanya orang mau bantu itu banyak, ditunggu saja," katanya.

Mengenai pembentukan tim kecil, dikatakannya, akan melibatkan seluruh kubu yang sebelumnya sempat berkonflik, keluarga besar Keraton Surakarta, dan cagar budaya.

"Saya ingin prosesnya cepat, kayak Mangkunegaran. Masterplan saya pegang sudah, pembiayaan seperti apa sudah, terus dibangun," katanya.