2 Hari Terakhir, BMKG Catat 4 Kali Gempa Susulan Terjadi di Cianjur
Gempa 5.6 magnitudo yang menguncang Cianjur, Jawa Barat, membuat rumah warga di sejumlah desa salah satunya di Kampung Salahuni, (ANTARA/Ahmad Fikri)

Bagikan:

BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat selama dua hari terakhir, Minggu dan Senin empat gempa susulan terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Kekuatan gempa mulai dari 1.9-3.0 magnitudo.

Kepala Stageof BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gempa susulan di Cianjur masih terjadi sejak gempa pertama 5.6 magnitudo sampai hari ini sehingga total gempa yang tercatat sebanyak 447 kali.

"Sampai hari ini terjadi 447 gempa susulan yang terbaru gempa susulan berkekuatan 2,4 magnitudo pada Senin pagi, kemungkinan gempa susulan dapat terjadi meski sempat selama lima hari tidak ada," katanya saat dihubungi, Antara, Senin, 2 Januari. 

Teguh menjelaskan, kejadian gempa Cianjur merupakan terbesar dalam catatan gempa bumi di Jawa Barat sepanjang tahun 2022 sempat terjadi 1.290 kali gempa yang disebabkan sesar aktif dasar lain, subdiksi pertemuan lempeng tektonik, hingga aktivitas sesar di darat.

"Sedangkan di Cianjur, gempa disebabkan aktivitas Sesar Cugenang yang baru teridentifikasi oleh BMKG, sehingga dari seribuan gempa di Jabar, 447 di antaranya terjadi di Cianjur," katanya.

Selama ini, kata Teguh, gempa yang terjadi di Jabar dipicu dari sesar aktif dasar laut, ada juga sesar Garsela dan Cimandiri. Sedangkan pada dua hari awal tahun 2023 empat gempa kembali terjadi di Cianjur yang getarannya sempat membuat resah warga.

Warga di beberapa desa yang baru kembali ke rumah setelah satu bulan lebih berada di posko pengungsian, berhamburan keluar rumah karena merasakan gempa yang cukup kencang sejak pagi hingga siang.

"Cukup terasa getarannya, sehingga kami berhamburan keluar rumah, pagi ini pukul 07.00 WIB dan pukul 11.05 WIB, pada Minggu siang dan sore kami juga merasakan gempa yang cukup kencang. Kami berharap tidak ada lagi gempa susulan," kata warga Desa Nagrak, Fauzi Noviandi.