Bagikan:

JAKARTA - Polri memprediksi puncak arus lalu lintas kendaraan yang keluar wilayah Jakarta terkait momen Tahun Baru 2023 terjadi pada malam ini. Prediksi itu berdasarkan hasil pemantauan di beberapa titik.

"Puncak perkiraan untuk arus lalu Lintas yang keluar Jakarta kita perkirakan mulai hari ini," ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi kepada wartawan, Jumat, 30 Desember.

Selain itu, berdasarkan data penginapan, khusus di wilayah Bogor dan Lembang terjadi peningkatan yang signifikan. Bahkan, tingkat keterisiannya hampir 100 persen.

"Data terakhir dari Polres Bogor, Bandung untuk hunian Puncak dan Lembang mencapai 95 persen," sebutnya.

Animo masyarakat untuk merayakan pergantian tahun di luar kota masih tinggi. Karena itu, pengamanan di ruas jalan yang rawan kecelakaan dan sebagainya akan dilakukan dan ditingkatkan.

"Oleh karena itu ini lah hal-hal yang harus kita antisipasi kedepan bagaimana kita mendatangi TKP dan sebagainya," kata Firman.

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog menyebutkan terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak jika dibandingkan hari biasa.

Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang karena masyarakat yang merayakan Tahun Baru 2023 di Puncak ingin lebih awal tiba sebelum jalur ditutup total karena ada "Car Free Night" (CFN) padamalam Tahun Baru 2023.

"Kami sudah menginformasikan sejak awal bahwa tanggal 31 Desember 2022 akan diberlakukan pembatasan, menyusul peningkatan kegiatan masyarakat di Jalur Puncak dengan adanya "Car Free Night" pada malam Tahun Baru 2023," kata AKBP Iman.