Polda Metro Kerahkan Hampir Seluruh Kekuatan Amankan Tahun Baru, Pemprov Tambah Armada Transportasi Umum
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal mengerahkan hampir seluruh kekuatannya dalam skema pengamanan perayaan Tahun Baru 2023. Jumlahnya mencapai puluhan ribu.

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran usai mengecek persiapan pengaman bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno.

"Polda Metro Jaya ini kekuatannya 35.000, sepertiga istirahat untuk melaksanakan kegiatan rutin besoknya, 2/3 akan full total untuk melakukan back up," ujar Irjen Fadil di Polda Metro Jaya, Jumat 30 Desember.

Puluhan ribu personel itu akan ditempatkan di titik yang didirikan panggung hiburan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Personel juga ditempatkan di beberapa lokasi wisata.

"Mulai dari sepanjang Sudirman-Thamrin, ada 7 titik panggung, kita juga sudah siapkan, kemudian bersama pak gubernur kita di Taman Mini, dan masing-masing Polres bersama para Wali Kota ada titik-titik yang akan diamankan," sebutnya.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono seluruh jajaranya juga telah mempersiapkan berbagai hal terkait pengamanan perayaan Tahun Baru. Salah satunya dengan memaksimalkan pelayanan transportasi umum.

"Rute-rute untuk pelayanan Trans Jakarta, MRT, sudah kami maksimalkan, termasuk juga ada beberapa titik yang memang dianggap lokasi rute itu adalah menambah penumpang atau menambah massa untuk menuju titik seperti Sudirman-Thamrin, akan ditambahkan busnya," papar Heru.

Pemaksimalan pelayanan transportasi umum dilakukan dengan menambah arman bus. Jumlahnya mencapai puluhan unit.

"Menambahkan sampai 60unit dan beberapa rute sampai 90 unit," kata Heru.