326 Ribu WNI Berangkat ke Luar Negeri Selama Libur Natal-Tahun Baru
Bandara Soekarno-Hatta/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten mencatat 326.044 orang Warga Negara Indonesia (WNI) pergi ke luar negeri selama masa periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Untuk WNI yang berangkat melalui Bandara Internasional Soetta dengan tujuan ke luar negeri selama periode Nataru ini kita mencatat ada sekitar 326.044 orang. Dan itu terdata selama bulan Desember ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto dikutip ANTARA, Kamis, 29 Desember.

Dia menyebutkan, data keberangkatan WNI dengan tujuan ke luar negeri tersebut merupakan perlintasan melalui Bandara Internasional Soetta.

"Sementara untuk WNI yang tiba ke Indonesia selama Desember 2022 ada sekitar 285.631 orang," katanya.

Pergerakan keberangkatan penumpang melalui Bandara terbesar di Indonesia ini secara umumnya menuju negara-negara Asia, di antaranya seperti Malaysia, Singapura, Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang.

"Rata-rata mereka berangkat ke luar negeri itu menuju negara Asia. seperti Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Tito, untuk warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia selama periode bulan Desember ini ada sebanyak 285.631 orang. Sedangkan, untuk WNA yang keluar melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 143.066 orang.

Dari kepergian dan kedatangan ribuan WNI serta WNA tersebut terjadi selama masa libur akhir tahun 2023. Selain itu juga dengan adanya peningkatan angka keberangkatan dan kedatangan dipengaruhi setelah terjadinya pelonggaran aturan Satgas COVID-19 terkait protokol kesehatan.

"Ini dipengaruhi adanya beberapa pelonggaran aturan di Bandara, terus mulai dibukanya korider Internasional," kata dia.