Rencanakan Perayaan Malam Tahun Baru Besar-besaran, Pj Gubernur Pasrah Jika Jakarta Diguyur Hujan Deras   
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Pemprov DKI terus memantau perkembangan cuaca Jakarta jelang Tahun Baru 2023 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kita lihat nanti posisi (prediksi cuaca) BMKG bagaimana," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 29 Desember.

Sejauh ini, BMKG memprediksi terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Jakarta jelang Tahun Baru 2023.

Sementara itu, Heru telah merencanakan perayaan malam Tahun Baru untuk masyarakat pada berbagai titik di Ibu Kota, mulai dari perayaan tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Lantas bagaimana jika hujan deras mengguyur Jakarta saat perayaan malam pergantian tahun tersebut? Kepala Sekretariat Presiden ini mengaku pasrah jika kondisi ini terjadi dan tidak ada alternatif perayaan tahun baru di dalam ruangan.

"Ya kan kalau (perayaan) sudah di luar (ruangan), kan sudah tidak bisa (apa-apa)," ujarnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta menggelar berbagai perayaan malam Tahun Baru 2023 dengan berbagai kegiatan. perayaan Tahun Baru 2023 di tingkat provinsi digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Puncak perayaan malam Tahun Baru itu digelar di Panggung Budaya TMII pada 31 Desember pukul 20.00 WIB hingga 1 Desember 2023 pukul 01.00 WIB.

Selain itu, digelar juga festival Malam Muda-Mudi dengan konsep acara car free night di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Di sepanjang lokasi ini, akan ada sejumlah lokasi titik hiburan kesenian yang terdapat panggung hiburan dengan menyuguhkan berbagai genre musik yang berbeda-beda.

Lokasi titik hiburan kesenian pada “Malam Muda-Mudi”, antara lain: Area Pos Bloc, Area Sarinah, Area Stasiun MRT Bundaran HI, Area Jl. Imam Bonjol Bundaran HI, Area Da Vinci Penthouse, Area SCBD, Area FX Sudirman, Area Patung Pemuda Membangun, dan Area M Bloc Space.

Diselenggarakan juga festival di berbagai tingkat kota/kabupaten yang berada di enam lokasi, yaitu:

- Kota Jakarta Pusat berlokasi di Thamrin 10;

- Kota Jakarta Utara di Halaman Wali Kota Jakarta Utara;

- Kota Jakarta Barat di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat;

- Kota Jakarta Selatan berlokasi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan;

- Kota Jakarta Timur berlokasi di Old Shanghai; dan

- Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Terdapat juga suguhan air mancur menari mulai pukul 19.30 WIB dan atraksi lampu warna warni mulai pukul 18.00 WIB di kawasan Monumen Nasional.

Selain itu, ada juga perayaan malam Tahun Baru 2023 di kawasan Kota Tua. Kota Tua akan beroperasi sampai dengan pukul 01.00 WIB yang dimeriahkan penampilan komunitas-komunitas Kota Tua.