Transjakarta Buka 3 Rute Baru, Salah Satunya ke Universitas Indonesia
Ilustrasi bus armada Transjakarta. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - BUMD PT Transjakarta membuka operasional tiga rute bus baru mulai Senin, 26 Desember kemarin. Salah satunya terdapat rute bus ke Depok, tepatnya di Universitas Indonesia (UI).

Rinciannya, tiga rute baru tersebut adalah Blok M - Universitas Indonesia (9H), Pasar Minggu - Velbak (6T) dan Terminal Pulogadung - Lampiri (JAK 99).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengungkapkan, pembukaan tiga rute tersebut dilakukan untuk memfasilitasi mobilitas penumpang yang jumlahnya bertambah pada kawasan tersebut.

"Pembukaan ketiga rute baru ini menggunakan bus tipe low entry yang sudah di dalam perencanaan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan pada dua dari tiga rute baru, yaitu Rute 9H dan 6T," kata Anang dalam ketetangannya, Selasa, 27 Desember.

Sebelumnya, TransJakarta juga mengoperasikan kembali dua layanan non koridor yang sudah banyak dinanti masyarakat yakni rute Summarecon Bekasi-Pancoran (B11) dan Ciputat-Kampung Rambutan (S22) mulai Senin, 26 November.

"Layanan ini dibuka kembali mengakomodasi aspirasi masyarakat serta antisipasi melandainya pandemi yang mendorong lebih banyak warga beraktivitas di luar," ujar Anang.

Anang menjelaskan, layanan rute-rute yang baru dibuka tersebut akan melayani masyarakat setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Selain itu, Transjakarta turut menambah rute baru dalam operasional Mikrotrans, yakni JAK 110 dengan rute Terminal Tanah Merdeka dan Terminal Pulogebang. Operasional Mikrotrans JAK 110 ini sudah dibuka sejak Selasa, 6 September.

“Pembukaan rute Mikrotrans terbaru diharapkan semakin mempermudah mobilitas masyarakat baik sebagai pengumpan maupun moda transportasi sehari-hari,” tutur dia.

Hingga Desember 2022, Transjakarta beroperasi di 219 rute, dengan reaktivasi ebanyak 42 rute dan pembukaan rute baru mencapai 16.