Ketua Wantim NasDem Siswono Yudo Husodo Mundur dari Partai, Waketum: Kita Sayangkan, Tapi Kita Hargai
Ketum Partai NasDem Surya Paloh saat peringatan HUT ke-10 Partai NasDem di Jakarta, Jumat 11 November 2011. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai NasDem Siswono Yudo Husodo dikabarkan memutuskan untuk mengundurkan diri dari partai. Pengunduran Siswono menambah deretan nama elite NasDem yang keluar partai jelang Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, partainya belum secara resmi menerima surat pengunduran diri Siswono. Dia mengaku kabar Siswono keluar NasDem dari media.

"Sampai hari ini belum menyampaikan. Kalau baca di media sih seperti itu (mundur, red)," ujar Ali saat dikonfirmasi, Senin, 26 Desember.

Ali menyayangkan mundurnya Siswono lantaran yang bersangkutan merupakan kader senior NasDem. Namun, dia menghargai keputusan Siswono meski NasDem harus rela kehilangan salah satu kader terbaiknya.

"Tentu kita sayangkan, dan NasDem sangat kehilangan kader senior yang sudah malang melintang di dunia politik nasional. Tapi apapun itu kita hargai," ungkap anggota DPR itu.

Kendati demikian, Ali menegaskan bahwa berpartai merupakan kesukarelaan dan hak setiap orang, termasuk keinginan untuk mengundurkan diri.

"Tapi sekali lagi bahwa berpartai itu kan kesukarelaan. Orang masuk partai itu adalah hak-hak tiap orang, jadi kita menghargai itu," kata Ahmad Ali.

Sebelumnya, Siswono Yudo Husodo telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari NasDem. “Ya, saya telah mengundurkan diri,” kata Siswono, Senin, 26 Desember.

Namun politikus senior itu belum menjelaskan alasan mundur dari partai besutan Surya Paloh. Siswono sendiri diangkat menjadi Ketua Dewan Pertimbangan NasDem pada 2017.