Pj Gubernur DKI Sebut Jokowi Bakal Cek Langsung Proyek ITF Sunter Hingga Sodetan Ciliwung
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung sejumlah proyek pembangunan yang termasuk dalam program pengendalian sampah dan banjir di Jakarta.

Peninjauan ini akan dilakukan setelah disoroti oleh Jokowi beberapa waktu lalu. Jokowi meminta jajarannya segera menyelesaikan proyek-proyek yang sempat mangkrak tersebut.

Heru mengungkapkan, Jokowi akan meninjau lokasi pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter di Jakarta Utara, serta pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Bantargebang sebagai program penanganan sampah.

"Kalau ITF kan sudah jalan kemarin memang diminta oleh Pak Presiden. ITF Sunter sudah dianggarkan di 2023. Terus, di Bantargebang ada RDF. Beliau akan meninjau di dua titik itu," kata Heru kepada wartawan, Senin, 26 Desember.

ITF Sunter sudah dilakukan proses peletakan batu pertama atau groundbreaking beberapa tahun lalu. Namun, belum ada kelanjutan proses konstruksi hingga saat ini. Perkembangan terbaru, Pemprov DKI memberi suntikan modal kepada PT Jakarta Propertindo sebesar Rp517 miliar untuk mengawali pembangunan ITF Sunter.

Sementara, awal pembangunan RDF Plant Bantargebang dilakukan pada 10 Oktober 2022 saat Anies Baswedan masih menjabat Gubernur DKI dan kini pengerjaan masih dilakukan.

Selain itu, lanjut Heru, Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan Sodetan Ciliwung yang kini mulai dilanjutkan saat Heru menjabat Pj Gubernur DKI.

"Terus (Jokowi) akan meninjau juga sodetan," ucap Heru.

Beberapa waktu lalu, Jokowi menyinggung proyek ITF Sunter yang tidak kunjung dilakukan pembangunan, bahkan sejak dirinya menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi Gubernur di DKI, (ITF) Sunter itu kita mulai, sampai saya tidak jadi gubernur, tanda tangan pun saya belum. Padahal sudah kita rencanakan, belum (selesai). Saya enggak tahu sekarang apakah sudah (selesai)," ujar Jokowi dalam Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Rabu, 21 Desember.

Jokowi pun mendorong agar urusan sampah segera diselesaikan agar tidak menjadi kotoran di kota, sungai, dan laut. Menurut Jokowi, masalah sampah menjadi salah satu prioritas yang harus dibenahi BPDLH mengingat pengelolaan sampah di berbagai daerah belum terselesaikan.

Jokowi juga menyoroti upaya penanganan banjir Jakarta saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi pada Jumat, 23 Desember. Jokowi meminta Heru untuk mempercepat penyelesaikan pembangunan Sodetan Ciliwung, normalisasi Sungai Ciliwung, hingga pembangunan tanggul Giant Sea Wall.