Gereja Katedral Jakarta Bagi Tiga Sesi Misa Natal, Setiap Sesi Tampung 2.200 Jemaat
Suasana Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta. (Foto: VOI/M. Jehan)

Bagikan:

JAKARTA - Penggelaran Ibadah Misa di Gereja Katedral, DKI Jakarta dibagi menjadi tiga sesi, baik secara tatap muka maupun online. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi penumpukan.

“Akan diadakan tiga kali yaitu di pukul 16.30 prioritasnya adalah lansia, kemudian nanti di pukul 19.00 itu sebagai misa hybird, di pukul 21.30 prioritas orang muda yang akan ada visualisasi kisah kelahiran kristus 15 menit jelang misa dimulai,” kata Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie, Sabtu, 24 Desember.

Susyana mengungkap untuk jumlah kapasitas di Gereja Katedral tahun ini, sebanyak 2.200 setiap sesinya. Namun dari ribuan kursi itu, lanjut Susyana, dibagi dalam beberapa tempat.

“Kami siap menampung sekitar kurang lebih 2.200 kapasitas di dalam gereja termasuk petugas,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya mengerahkan Unit Penjinak Bom (Jibom) guna mensterilisasi seluruh gereja di Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya, mengantisipasi adanya aksi teror saat perayaan Natal 2022:

"Sebelum melakukan kegiatan peribadatan, dilakukan juga sterilisasi oleh Jibom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan saat dihubungi, Sabtu, 24 Desember.

Penurunan Unit Jibom dari satuan Korps Brimob ini pun merupakan salah satu standar operasional prosedur (SOP) pengamanan.

Sehingga, perayaan Natal 2022 akan berjalan hikmat tanpa ada gangguan apapun.

Berdasarkan data, lanjut Zulpan, tercatat 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya dilakukan sterilisasi. Tentunya dengan melibatkan unsur TNI dan pihak terkait.

"Pak Kapolda nanti sore akan melakukan pengecekan di beberapa gereja ya mulai jam 2 siang nanti melihat kesiapan beberapa gereja besar ya, dan juga nanti malam jam 8 bersama Pak Kapolri ya akan mengecek dengan Pak Panglima beserta Bapak Kapolda mengecek Gereja Katedral pelaksanaan Misa Natal," kata Zulpan.