Keliling Gereja di Jakarta, PJ Gubernur Heru Budi: Kami Pastikan Ibadah Natal Berjalan Baik
Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Gereja Katredal Jakarta. (Foto: VOI/Diah Ayu Wardani)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI berkeliling sejumlah gereja jelang misa malam Natal 2022.

Heru meninjau persiapan perayaan Natal mengenakan batik berwarna kuning keemasan. Dalam peninjauan tersebut, heru sempat menyapa pimpinan gereja dan umat Kristiani yang akan melakukan ibadah.

Kepala Sekretariat Presiden tersebut memastikan penyelenggaraan ibadah Natal di gereja-gereja berlangsung dengan aman.

"Kami hadir di sini untuk menyapa kepada umat Kristiani yang akan melakukan ibadah menjelang Natal dan kami mengucapkan selamat Natal tahun 2022, romo dan seluruh jemaat, kami pastikan semoga bisa berjalan dengan baik selama ibadah mulai sore ini sampai dengan besok," kata Heru di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu, 24 Desember.

Heru juga berharap perayaan Hari Natal esok hari juga bisa berlangsung dengan aman dan lancar. Mengingat, aparat TNI dan Polri telah melakukan penjagaan secara ketat.

"Kami, pemerintah daerah maupun TNI dan Polri maupun seluruh masyarakat turut serta dalam mengamankan ibadah yang dilaksanakan oleh umat nasrani di Jakarta," ujarnya.

Melanjutkan, Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda DKI Jakarta yang telah berupaya menghadirkan rasa aman bagi umat Kristiani untuk menjalankan ibadah Natal.

"Kami akan selalu berusaha membina umat agar semangat natal ini mendorong seluruh umat untuk menjadi warga negara yang baik tidak merepotkan bapak gubernur dan pimpinan-pimpinan daerah kami, melainkan sebaliknya mendukung semua yang direncanakan sesuai peranan kami masing-masing di berbagai macam fungsi di tengah-tengah masyarakat," urai Ignatius Suharyo.

Sejumlah unsur yang juga ikut berkeliling gereja bersama Heru di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, para pejabat Pemprov DKI Jakarta, Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, BIN Daerah DKI Jakarta, perwakilan BPK DKI Jakarta, Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta.

Heru beserta rombongan mengawali peninjauan di Gereja GPIB Immanuel, dilanjutkan di Gereja Katedral Jakarta, Gereja Katolik Santo Ignatius Loyola, dan Gereja GPIB Paulus Jakarta.