Bagikan:

JAKARTA - Polri bakal fokus menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah gereja pada malam ini. Sebab, sudah mulai memasuki perayaan Misa Natal.

"Kemudian untuk nanti malam kita sudah fokus ke tempat ibadah," ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan kepada wartawan, Sabtu, 24 Desember.

Diberlakukannya rekayasa lalu lintas karena para jemaat akan mulai berdatangan ke gereja untuk beribadah. Sehingga, berpotensi terjadinya kepadatan arus lalu lintas di sekitarnya.

"Untuk jalur di sekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah-wilayah dilakukan rekasaya lalu lintas untuk memperlancar disekitar tempat peribadatan," ungkapnya.

Dalam penerapan rekayasa lalu lintas di gereja akan diatur Polda jajaran. Sebab, bakal mempertimbangkan situasi dan kondisi di lapangan.

"Nanti itu masing-masing wilayah, masing-masing polda tentu akan melakukan rekayasa lalu lintas ya, ini untuk memperlancar arus lalu lintas yang berada di sekitar tempat peribadatan, itu nanti dari masing-masing wilayah yang menentukan," kata Aan.

Pada kesempatan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan dan pelayanan libur Natal dan Tahun baru. Ada 166.791 personel gabungan disiagakan.

"Seluruh rangkaian kegiatan pengamanan itu sendiri kita melibatkan kurang lebih 166.791 personel terdiri dari 101 ribu personel Polri kemudian ditambah dengan dari TNI tadi pak Panglima sampaikan ada 23 ribu dan sisanya dari seluruh stakeholder terkait," kata dia.