Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk selektif dalam memberikan izin keramaian dalam perayaan Tahun Baru 2023. Sebab, angka penyebaran COVID-19 kembali meningkat saat ini.

"Pada pengamanan perayaan tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan asesmen terutama kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar," ujar Listyo Sigit saat memimpin saat Apel Operasi Lilin 2022 di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis, 22 Desember.

Selain peningkatan penularan, jajaran Korps Bhayangkara juga diminta lebih waspada dengan kemunculan subvarian omicron baru yaitu BN.1. Sehingga, penerbitan izin keramaian harus diperketat.

Tak lupa, Sigit juga meminta seluruh anggotanya mensterilisasi seluruh tempat ibadah dalam skema pengamanan Hari Raya Natal 2022. Tentunya dengan melibatkan personel TNI, BNPT, Brimob, K9, serta Densus 88 Antiteror Polri.

“Selain itu libatkan juga seluruh elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam oengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama,” sebutnya.

Di sisi lain, satuan reserse juga diminta untuk tetap bersiaga dan mengamakan kawasan pemukiman. Sebab, potensi terjadinya tindak pidana cukup tinggi.

"Sehingga kemudian kita bisa melaksanakan kegiatan patroli untuk mengantisipasi jangan sampai, karena rumahnya ditinggal dalam waktu yang lama kemudian terjadi masalah keamanan, jadi silakan dilaporkan dan kita akan jadikan itu menjadi rute patroli kita," kata Sigit.