Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 22 Desember.

Ini kali pertama Nguyen Xuan Phuc mengunjungi Indonesia sejak menjabat sebagai Presiden Vietnam pada 5 April 2021.

Nguyen Xuan Phuc bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Nguyen turut diiringi oleh Pasukan Satria Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut Jokowi, prosesi dilanjutkan upacara penyambutan resmi dengan memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan masing-masing delegasi yang turut hadir mengikuti upacara.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Jokowi kemudian mengajak Nguyen Xuan Phuc berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon Merawan atau "Hopea Odorata" oleh Jokowi dan Nguyen Xuan Phuc di halaman samping Istana Kepresidenan Bogor.

Selepas penanaman pohon bersama, Jokowi dan Nguyen Xuan Phuc menuju beranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara.

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin akan melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi ini diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi Nguyen Xuan Phuc dan delegasi di Ruang Garuda.

Berdasarkan laporan Antara, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 21-23 Desember 2022.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam telah diresmikan sejak 30 Desember 1955 dan memasuki tingkatan baru sejak Juni 2013 ketika kedua negara menyepakati hubungan Kemitraan Strategis.

Pada 2023, kedua negara akan merayakan peringatan 10 tahun pembentukan kemitraan strategis dengan harapan dapat lebih meningkatkan kerja sama di semua bidang mulai dari diplomasi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertukaran antarorang.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Vietnam pada 2022 mencapai lebih dari 11 miliar dolar AS. Target nilai perdagangan yang baru adalah 15 miliar dolar AS hingga 2028.

Pada 2021, Indonesia telah menginvestasikan lebih dari 600 juta dolar AS di bidang realestat, semen, pakan ternak, dan suku cadang mobil. Kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman antara kepolisian Indonesia dan Vietnam melalui Latihan Badan Keamanan Maritim pada Juni 2021.