Banjir Setinggi 1 Meter Melanda Sebadai Hulu Natuna
Foto via Antara.

Bagikan:

RIAU - Banjir menggenangi permukiman warga di daerah Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sejak Rabu 14 Desember dini hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri, Muhammad Hasbi mengatakan, banjir menyebabkan setidaknya 35 rumah warga tergenang di daerah itu.

"Banjir itu sejak pukul 02.00 WIB," kata Hasbi di Tanjungpinang, Kepri, Rabu 14 Desember, disitat Antara.

Genangan di permukiman tingginya ada yang sampai satu meter sehingga menyebabkan setidaknya 20 sepeda motor dan satu mobil terendam.

Petugas pemerintah sudah diturunkan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran ke tempat yang lebih aman.

"Sejak subuh tadi sampai sekarang petugas masih fokus mengevakuasi korban ke tempat yang aman," ujar Hasbi.

BPBD Kepri telah menyalurkan bantuan logistik untuk penanganan dampak bencana ke kabupaten/kota di wilayahnya, termasuk Kabupaten Natuna.

Bantuan logistik yang dikirim ke kabupaten/kota meliputi sembako, mi instan, masker, cairan pembersih tangan, jaket pelampung, perlengkapan bayi, dan selimut.

"Kami menyalurkan bantuan sebelum terjadi bencana agar dapat langsung dimanfaatkan para korban. Kalau dikirim setelah terjadi bencana kurang efektif," kata Hasbi.

Hasbi mengimbau warga berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan dan mitigasi banjir, antara lain dengan membersihkan drainase dari sampah dan melakukan penghijauan di daerah yang rawan banjir.