Bagikan:

JAKARTA - Politisi PKB yang juga Anggota DPR, Abdul Kadir Karding terpilih jadi Ketua Umum DPP Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) periode 2022-2027. Karding mengalahkan mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung, Noor Rachmad yang juga ikut dalam pemilihan.

Kemenangan Karding itu tertuang dalam dalam perhelatan Munas ke-10 Ikatan Alumni Universitas Diponegoro malam tadi di Hotel

Aryaduta, Jakarta Pusat, 10 Desember.

Dari total 94 suara sah masuk, Karding mendapatkan 56 suara melawan 38 suara Noor Rachmad. Abdul Karding resmi menjabat sebagai

Ketua Umum IKA UNDIP untuk lima tahun ke depan hingga 2027.

Musyawarah Nasional ke-10 IKA UNDIP diikuti oleh tiga calon kandidat ketua umum. Selain Abdul Karding yang berlatar belakang anggota komisi VII DPR RI, terdapat nama Noor Rachmad dan Lukman Hidayat. Nama terakhir yang juga mantan Dirut salah satu BUMN, memilih untuk mengalokasikan dukungan suara kepada Noor Rachmad menjelang pemungutan suara dimulai.

Abdul Karding adalah alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan. Sebelumnya, ia baru saja menuntaskan masa jabatannya sejak 2017 lalu sebagai Ketum IKA KERAPU Undip atau Ikatan alumni fakultas perikanan dan kelautan.

Sementara itu lawan Karding, Noor Rachmad, adalah Ketua DPD DKI sejak 2018 hingga 2023 nanti. Karirnya berlatar belakang dunia hukum.

IKA UNDIP mendirikan Yayasan Alumni Universitas Diponegoro dengan Akte Notaris No.4 tanggal 20 Januari 1987, sebagai wadah resmi yang melakukan berbagai usaha untuk menindaklanjuti upaya pendirian Perguruan Tinggi yang kini dikenal dengan nama Universitas Semarang (USM).

Selanjutnya, jabatan Ketua IKA UNDIP dipegang oleh Prof.DR. Muladi, SH Periode berikutnya, IKA UNDIP dipimpin oleh Ir. Widjatmoko. Kemudian, lewat Munas VI, terpilihlah Sigit Pramono (saat itu menjabat sebagai Dirut Bank BNI) sebagai Ketua Umum IKA UNDIP

Pada masa kepemimpinan Sigit Pramono inilah, kedudukan Kepengurusan Pusat dipindah ke Jakarta dan periode kepengurusan menjadi 4 tahun. Logo IKA UNDIP yang digunakan sekarang ini, adalah karya yang diciptakan pada periode kepengurusan beliau.

Tahun 2009, pada Munas VII, terpilih secara aklamasi Hendarman Supandji (saat itu menjabat sebagai Jaksa Agung RI) sebagai Ketua Umum IKA UNDIP Pengurus DPP IKA UNDIP periode 2013-2017 untuk periode th. 2009 - 2013. Beliaulah yang mempopulerkan panggilan diantara sesama alumni dengan sebutan Mas dan Mbak.

Mas Maryono (Dirut Bank BTN), Ketua Umum IKA UNDIP kita sekarang ini, juga terpilih secara aklamasi lewat Munas VIII untuk periode kepengurusan tahun 2013 - 2017.