Beri Ceramah di Akad Nikah, Ma’ruf Amin Sampaikan 2 Nasehat untuk Keluarga Baru Kaesang dan Erina
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat mendengar nasihat Ma’ruf Amin (foto: Tangkap layar YouTube Presiden Joko Widodo)

Bagikan:

JAKARTA - Seusai prosesi akad nikah di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah dinyatakan sah sebagai sepasang suami istri. Seusai ijab kabul, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ditunjuk untuk memberikan ceramah dalam akad nikah.

Dalam ceramahnya, Ma’ruf Amin menyampaikan dua poin yang menjadi nasihat bagi keluarga baru putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

Ma’ruf pada poin pertamanya menyampaikan agar kedua pasangan meluruskan niatnya. “Niatkan, supaya pernikahan kalian jadi ibadah karena Allah,” kata Ma’ruf Amin dalam ceramah akad nikah Kaesang dan Erina, Sabtu, 10 Desember.

Kemudian, wapres ke-13 Indonesia itu menyampaikan poin kedua dalam ceramahnya. Ia menasehati agar kedua pengantin bisa saling menerima pasangannya masing-masing dengan tulus. “Terimalah suami dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Terimalah istri dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” ujarnya.

“Tidak ada suami yang sempurna, tidak ada istri yang sempurna. Pasti ada kurangnya, pasti ada cacatnya,” sambungnya.

Pada akhir ceramahnya, Ma’ruf Amin tidak lupa mengingatkan agar kedua pengantin untuk menjadi pasangan suami-istri yang sakinah mawaddah warahmah.

Seusai menjalani akad nikah di Yogyakarta, rombongan pengantin akan berangkat ke Solo untuk menjalani prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung dan tasyukuran di Pura Mangkunegaraan besok, Minggu, 11 Desember.