Rangkaian Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina: Akad Nikah Mulai Pukul 12.30, Tamu Undangan Hanya 250 Orang
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep (Foto: Ig @erinagudono)

Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan kekasihnya, Erina Gudono akan memasuki prosesi akad nikah pada hari ini, Sabtu, 10 Desember.

Akad nikah Kaesang dan Erina yang berlangsung di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan dimulai sekitar pukul 12.30 WIB.

Prosesi akad nikah akan dihadiri tamu terbatas sebanyak 250 orang, berasal dari keluarga kedua mempelai.

Adapun rincian prosesi akad nikah yakni pada 12.30-12.45 WIB, digelar pasrah tampi calon pengantin putra (Kaesang Pangarep).

Pasrah tampi merupakan momen calon mempelai pria datang diantar keluarga pengantin putra, diserahkan pada keluarga putri. Setelah itu, keluarga putri menerima dan menikahkan kedua mempelai.

Kemudian, pada pukul 12.45-13.15 WIB dilangsungkan peraga acara dan CPI hadir di majelis akad nikah. Acara ini adalah momen Kaesang mengucapkan ijab kabul.

Setelah diterima keluarga putri, calon mempelai pria akan melangsungkan peraga acara dan pihak calon mempelai putri hadir di tengah-tengah acara.

Selanjutnya, pada pukul 14.45-15.30 WIB merupakan acara panggih pengantin. Panggih pengantin adalah bertemunya mempelai pria dan mempelai wanita yang sudah sah menjadi pasangan suami-istri.

Upacara panggih merupakan puncak acara bagi tradisi adat pernikahan masyarakat Jawa.

Dalam prosesi ini, Kaesang mengucap ijab kabul dan sah menjadi suami Erina, keduanya akan dipertemukan.

Diketahui, sepanjang acara sebelumnya, Kaesang tidak diperkenankan bertemu apalagi melihat Erina.

Dalam prosesi ini juga akan dilangsungkan beberapa tradisi lain yang menyertai, seperti upacara injak, bubak kawah, kacar kucur, dulangan, mapag besar, dan diakhiri sungkeman.