Kejari Kisaran Sumut Musnahkan Barang Bukti 133 Perkara, Termasuk Sabu 2,2 kg
Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj (nomor 1 dari kanan) memusnahkan barang bukti narkotika. (Foto:ANTARA/HO/Polres Asahan)

Bagikan:

SUMUT - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kisaran di Sumatera Utara musnahkan barang bukti (BB) berupa narkotika dan perkara pidana umum lainnya yang telah berkekuatan hukum tetap.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kisaran Dadyng Wibiyanto Atabay mengatakan, jumlah perkara pidana umum pada periode 20 Juli sampai dengan 30 November 2022 dengan total 133 perkara.

Dengan perincian, narkotika 84 perkara, perjudian 4 perkara, penggelapan atau penipuan 2 perkara, pencurian 12 perkara, dan pembunuhan 3 perkara.

"Kemudian, penganiayaan 5 perkara, perlindungan anak 1 perkara, pekerja migran Indonesia 3 perkara, perkebunan 17 perkara, dan pemerasan/pengancaman 2 perkara," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu 7 Desember, disitat Antara.

Dadyng mengatakan, jenis barang bukti yang dimusnahkan yakni sabu 2.246,15 gram atau sekitar 2,2 kg, ganja 122,2 gram, pil ekstasi 0,39 gram (2 butir), arit/egrek 6 buah, martil 6 buah dan handphone 72 buah.

"Keseluruhan barang bukti tersebut baik barang bukti narkotika dan non narkotika pemusnahannya dilakukan dengan cara dihancurkan dan dibakar," ujarnya.

Sementara, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, usai mengikuti kegiatan pemusnahan barang bukti, mengajak semua pihak untuk bersama-sama ikut memberantas peredaran narkoba yang bisa mengancam generasi muda khususnya di wilayah Kabupaten Asahan.

"Jika ditemukan ada indikasi penyalahgunaan narkotika, segera informasikan kepada penegak hukum biar cepat ditindak," kata Roman.