Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) di 2024. Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih unggul dengan perolehan 32,3 persen. Diikuti Anies Baswedan diposisi kedua dengan 20,5 persen, dan ketiga ada Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Peneliti senior LSJ Iqbal Mawardi, mengungkapkan hasil survei pada November 2022 ini menunjukkan persaingan elektabilitas capres 2024 semakin mengerucut pada tiga tokoh nasional, yaitu Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

"Namun, elektabilitas Prabowo Subianto masih unggul cukup signifikan dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," ujar Iqbal dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu, 7 Desember. 

Iqbal menjelaskan, berdasarkan survei LSJ sejak Januari 2022, Prabowo juga selalu berada di posisi teratas dengan peningkatan elektabilitas. Sementara tokoh lainnya, cenderung stagnan. 

"Sejak survei LSJ bulan Januari 2022, Prabowo Subianto selalu berada dalam posisi teratas dan elektabilitasnya terus meningkat" jelasnya. 

Tokoh-tokoh lain yang berada di peringkat selanjutnya, yakni posisi keempat ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 7,8 persen. Disusul, Agus Harimurti Yudhoyono di posisi kelima dengan 4,7 persen, keenam Erick Thohir 3,8 persen, ketujuh Sandiaga Uno 2,9 persen, kdeelapan Puan Maharani 2,5 persen, Airlangga Hartarto 2,2 persen dan Muhaimin Iskandar 1,1 persen.

"Untuk tokoh-tokoh papan tengah dan papan bawah tingkat elektabilitas mereka relatif stagnan, bahkan cenderung menurun," kata Iqbal Mawardi.

Survei LSJ dilakukan pada 15-26 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

Metode pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan teknik acak bertahap atau multistage random sampling. Adapun, tingkat kesalahan atau margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.