Terpilih Aklamasi, Gus Nabil Haroen Kembali Jadi Ketua Umum Pagar Nusa NU
Kongres Pagar Nusa ke-4 di Jakarta, Rabu 7 Desember. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Muchamad Nabil Haroen alias Gus Nabil terpilih kembali menjadi Ketua Umum Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa untuk masa khidmah 2022-2027. Pemilihan berlangsung dalam Kongres Pagar Nusa ke-4 di Jakarta, Rabu 7 Desember.

Gus Nabil ditetapkan setelah unggul dalam pemungutan suara pada tahap pencalonan. Dari total 273 suara sah peserta kongres, ia mendapat 190 suara dan Sholahul Aam Notobuwono atau Gus Aam mendapat 84 suara.

"Sesuai dengan tatib, kita tetapkan Gus Nabil sebagai ketua umum Pagar Nusa 2022-2027," kata pimpinan sidang pleno kongres dari PBNU, H Umarsyah, dalam keterangan tertulis, Rabu 7 Desember, disitat Antara.

Sementara itu, Gus Nabil dalam sambutan usai terpilih mengatakan angka-angka hasil pemungutan suara yang ada di papan tulis tidaklah terlalu penting. Terpenting baginya, bagaimana membangun Pagar Nusa dan meneruskan apa yang selama ini sudah dilaksanakan secara bersama-sama.

"Saya tegaskan dan saya pastikan, tidak ada lagi pendukung Gus Nabil atau bukan Gus Nabil. Siapa pun yang ada di ruangan ini, semuanya adalah sahabat saya," ujarnya.

Gus Nabil juga mengapresiasi para peserta kongres yang kritis dalam sidang. "Teman-teman yang tadi menyampaikan kritik, menyampaikan saran, mereka adalah orang-orang hebat. Mereka adalah orang-orang yang juga ingin membangun Pagar Nusa dengan caranya," tuturnya.

Dia menegaskan, Pagar Nusa menjaga marwah organisasi Nahdlatul Ulama, menjaga bersama idealisme para pendekar da para kader.

"Kita khidmah dengan kiai, berjuang untuk NU dengan energi keikhlasan. Alhamdulillah, mayoritas para pendekar dan kader menggunakan hati nurani, siap berjuang bersama-sama untuk menguatkan Pagar Nusa dengan program-program strategis ke depan," tandasnya.