Cuaca Panas Melanda Biak Numfor Papua, BPBD Ingatkan Warga Periksa Stop Kontak Jelang Tidur
Ilustrasi stop kontak listrik terisi penuh. (Pixabay)

Bagikan:

PAPUA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan warga Biak Numfor Papua memeriksa alat listrik yang dipasang di rumah menjelang tidur pada malam hari.

Kepala BPBD Kabupaten Biak Numfor Otto PH Wanggai mengatakan pengecekan sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran di tengah cuaca panas yang mulai melanda Biak Numfor.

"Perubahan cuaca panas atau hujan silih berganti di Biak Numfor patut mendapat perhatian warga," ujarnya di Biak, Papua, Minggu 4 Desember, disitat Antara.

Ia kembali mengingatkan warga Biak Numfor mewaspadai pemicu kebakaran atau bencana lainnya yang berawal dari keteledoran, cuaca atau korsleting listrik.

Pada Sabtu 3 Desember kemarin, kebakaran sempat melanda salah satu cafe di Biak Kota. Si jago merah telah berhasil dipadamkan namun kejadiannya diharapkan Otto jadi pelajaran bersama.

"Kebakaran cafe di pos jaganya telah dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Ia mengimbau kepada warga Biak Numfor untuk terus memantau perkembangan cuaca dari stasiun BMKG Bandara Frans Kaisiepo Biak.

"Diharapkan menjadi bahan informasi untuk masyarakat di saat melakukan aktivitas kegiatan setiap hari," imbuhnya.

Otto mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi terkait bencana. Salah satunya menggunakan alat warning system selama 24 jam untuk memantau cuaca dan gempa. Alat itu terpasang di kantor BPBD yang berlokasi di Jalan Majapahit Samofa Biak Numfor.