Rusia Tuduh AS Berperang Langsung Dalam Perang Ukraina, Tapi Tetap Terbuka untuk Dialog
Menlu Rusia Sergei Lavrov. (Twitter/@mfa_russia)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh Amerika Serikat dan NATO memainkan peran langsung dan berbahaya dalam perang Ukraina, mengatakan Washington telah mengubah Kyiv menjadi ancaman nyata bagi Moskow yang tidak dapat diabaikan.

Diplomat top Rusia, berbicara pada Hari Kamis selama konferensi pers tahunannya di Moskow, juga menuduh Amerika Serikat dan NATO mencoba meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan, serta mencoba menumbangkan badan regional yang dirancang untuk mempromosikan dialog, seperti OSCE di Eropa dan ASEAN di Asia.

Menlu Lavrov membela kampanye Rusia yang telah menggunakan serangan udara, pesawat tak berawak dan rudal untuk menghancurkan infrastruktur Ukraina, serangan yang oleh Kyiv dan Barat disebut sebagai kejahatan perang.

"Kami menonaktifkan fasilitas energi (di Ukraina) yang memungkinkan Anda (Barat) memompa senjata mematikan ke Ukraina untuk membunuh Rusia," kata Lavrov, dilansir dari Reuters 2 Desember.

"Jadi jangan katakan bahwa AS dan NATO bukan peserta dalam perang ini, Anda berpartisipasi langsung. Termasuk tidak hanya dengan pasokan senjata, tetapi juga dengan pelatihan personel, Anda melatih militer (Ukraina) di wilayah Anda," paparnya.

Sikap Lavrov, meninjau kembali poin-poin pembicaraan Rusia yang akrab, ditolak oleh Barat yang mengatakan Moskow, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari, adalah pihak yang berperang.

Kekuatan Barat mengatakan, mereka mempersenjatai dan melatih Kyiv untuk membantunya merebut kembali tanahnya sendiri, bahwa Ukraina tidak memiliki desain teritorial di tanah Rusia.

Rusia, yang mendominasi Ukraina sebelum Uni Soviet bubar pada 1991, menyebut intervensinya di tetangganya sebagai "operasi militer khusus" untuk menjaga keamanan Moskow.

Lebih jauh, Menlu Lavrov menuduh Barat mencoba menggunakan konflik tersebut untuk menghancurkan Rusia.

"Bicara tentang Barat yang tertarik pada semacam penyelesaian damai tidak membuat kami terkesan," tukasnya.

"Barat telah mengumumkan secara terbuka bahwa mereka tidak hanya ingin Rusia dikalahkan di medan perang. Dikatakan bahwa Rusia harus dihancurkan sebagai pemain sama sekali. Dan beberapa bahkan mengadakan konferensi khusus berspekulasi tentang berapa banyak bagian untuk membagi Rusia menjadi berapa dan siapa yang akan memimpin bagian mana," paparnya.

Komentarnya tampaknya merujuk pada fakta beberapa politisi Barat mengatakan mereka ingin memastikan Rusia tidak dapat menjadi ancaman bagi negara tetangga di masa depan, dan untuk komentar beberapa politisi Ukraina yang berspekulasi berapa lama Rusia akan bertahan sebagai satu negara.

Meski demikian, Menlu Lavrov menjelaskan Rusia terbuka untuk kemungkinan pembicaraan, baik dengan Ukraina maupun Amerika Serikat.

Rusia siap mendengarkan siapa pun yang ingin mengadakan pembicaraan, katanya. Itu tidak pernah menghindar dari kemungkinan kontak antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk telah menunjukkan kesediaan dengan menerima para pemimpin Jerman dan Prancis ketika mereka ingin membahas Ukraina.

Sementara, Ukraina mengatakan pihaknya hanya akan siap mengadakan pembicaraan setelah Rusia menarik diri dari wilayahnya, termasuk dari Krimea, yang dianeksasi Moskow pada 2014.

Kyiv mengatakan, Rusia hanya akan menggunakan pembicaraan sebagai kesempatan untuk mengulur waktu dan membangun kembali angkatan bersenjatanya.

Menlu Lavrov mengatakan ini "tidak masuk akal" dan mengeluh tentang apa yang dia sebut harapan Amerika yang "naif", bahwa Rusia akan melanjutkan pembicaraan tentang stabilitas nuklir pada saat dia mengatakan, Barat menggunakan Ukraina untuk menghancurkan Rusia.

Diketahui, Moskow menarik diri dari pembicaraan yang dijadwalkan minggu ini tentang perjanjian nuklir START Baru antara kedua negara.

"Untuk saat ini kami tidak mendengar ide yang berarti. (Tapi) jika akan ada proposal dari Presiden (Biden) dan dari anggota pemerintahannya yang lain, kami tidak akan pernah menghindar dari kontak," tukas Menlu Lavrov.