Kerjasama dengan Unicef, Polri Lakukan Penyembuhan Trauma kepada Anak-Anak Korban Gempa Cianjur
Aktivitas penyembuhan trauma yang dilakukan Polri terhadap anak-anak korban gempa Cianjur. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan penyembuhan trauma kepada puluhan anak korban gempa Cianjur di tenda pengungsian kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penyembuhan trauma diberikan di beberapa titik pengungsian, salah satunya di tenda pengungsian Lapangan Sepak Bola Binaraga, Kampung Panyaweuyan, RT02/01, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Tenda pengungsian ini merupakan Posko Resimen 4 Paspelopor Korbrimob Polri.

"Kegiatan penyembuhan trauma ini diselenggarakan atas kerjasama Biro Psikologi SSDM Polri, Korbrimob Polri, Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jabar, Bhabinkamtibmas Polres Cianjur, dan Unicef," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu, 27 November.

Adapun subjek sasaran penyembuhan trauma diberikan kepada 40 anak-anak dan 33 ibu-ibu. Terlihat mereka tertawa dan tersenyum lepas dengan kegiatan penyembuhan trauma yang diberikan anggota Polri.

Adapun metode yang digunakan adalah bermain, bernyanyi, makan snack bersama untuk anak-anak. Kemudian relaksasi, mindful activity, konseling individu dan konseling kelompok untuk para ibu-ibu.

"Para anak-anak dan ibu-ibu terlihat bahagia dan hal ini untuk mengobati trauma para pengungsi pascagempa," katanya.

Selain memberikan penyembuhan trauma, Polri juga memberikan bantuan seperti snack, mainan, pakaian, pakaian dalam, beras, minyak goreng, pembalut, mie, dan minuman.