Bukan Cuma Usir Drone, Shershen Quadrotor Juga Bisa Bubarkan Kerumunan Massa dengan Suara Supersonik
Ilustrasi drone. (Unsplash/@dollyfilms)

Bagikan:

JAKARTA - Drone quadrotor Shershen yang mampu mengusir kendaraan udara tak berawak (UAV) dan membubarkan kerusuhan dengan suara supersonik, untuk pertama kalinya dipamerkan di Aeronet-2035, Moskow.

"Shershen quadrotor dipamerkan untuk pertama kalinya, ini adalah prototipe baru, dan pekerjaan sedang berlangsung. Ini adalah area yang sangat menarik, mesin ganda dengan muatan, suara supersonik dan peredam radar," terang Vitaly Dolgov, yang mengepalai lab di Kartsev Research Institute, mengatakan kepada TASS, seperti dilansir 24 November.

Menurut Dolgov, Shershen quadrotor dapat digunakan untuk mengusir drone dan membubarkan kerusuhan. Shershen adalah drone dengan radius jangkauan hingga 10 kilometer.

"Kami sedang menguji cangkang quadrotor yang mampu memantulkan radar. Ini harus menjadi fiturnya. Jika Anda melihat sampel yang dipamerkan di pameran, itu cat khusus yang dapat memantulkan radar," paparnya.

Drone Shershen juga dapat digunakan di sektor minyak dan gas untuk mengontrol jaringan pipa minyak dan gas alam serta pemantauan lingkungan.

Selain itu, pencipta quadrotor ini berencana menggunakannya untuk meminimalisir konsekuensi keadaan darurat, untuk mendeteksi kemungkinan sumber keadaan darurat, menilai kerusakan dan memantau upaya pemulihan.

Diketahui, Aeronet-2035 dibuka di All-Russian Exhibition Center, yang dikenal sebagai VDNKh, pada 17 November untuk menampilkan UAV dan sistem supresi buatan Rusia. Rencananya, pameran ini berlangsung hingga 27 November.