Pikat Calon Penduduk Baru, Kota Ini Tawarkan Rp489 Juta untuk Beli Rumah
Salah satu sudut Kota Presicce. (Wikimedia Commons/Lupiae)

Bagikan:

JAKARTA - Kota-kota di seluruh Italia telah berlomba meluncurkan skema cerdas, untuk memikat penduduk baru guna menghidupkan kembali kekayaan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Dari rumah bobrok yang dijual dengan harga sedikit lebih dari satu dolar, hingga rumah siap huni dengan harga murah, ada persaingan yang hiruk pikuk.

Kota Presicce yang indah di wilayah Puglia yang cerah, adalah yang terbaru untuk memasuki 'permainan' dengan tawaran menggiurkan.

Pejabat mengatakan mereka akan membayar orang hingga 30.000 euro (Rp489.679.375) untuk membeli tempat tinggal kosong dan menetap.

Lebih baik lagi, rumah yang akan dijual sebagai bagian dari kesepakatan dihargai sekitar 25.000 euro. Seperti properti murah lainnya yang dijual di seluruh Italia, mereka telah lama ditinggalkan oleh pemilik aslinya.

Dan sebagai bonus tambahan, lokasinya luar biasa, dikelilingi oleh alam daerah Salento, dekat dengan pantai berpasir halus dan perairan Santa Maria di Leuca yang jernih berwarna biru kehijauan.

Pihak berwenang di Presicce berharap, tawaran insentif uang tunai akan memberikan kehidupan baru di kota mereka yang sepi, di mana jumlah bayi baru lahir lebih sedikit setiap tahun.

"Ada banyak rumah kosong di pusat sejarah yang dibangun sebelum tahun 1991 yang kami ingin lihat hidup kembali dengan penghuni baru," kata anggota dewan lokal Alfredo Palese kepada CNN, seperti dilansir 18 November.

kota presicce
Salah satu sudut kota Presicce. (Wikimedia Commons/Psymark)

"Sayang sekali menyaksikan bagaimana distrik lama kita yang penuh sejarah, arsitektur indah dan seni perlahan-lahan kosong," sambungnya.

Rincian kesepakatan saat ini sedang diselesaikan, tambah Palese, tetapi pihak berwenang siap untuk meluncurkan aplikasi dalam beberapa minggu mendatang, ketika informasi akan tersedia di situs balai kota.

"Kami akan menawarkan hingga 30.000 euro kepada orang-orang yang bersedia pindah ke sini dan membeli salah satu tempat tinggal yang terbengkalai ini," katanya.

"Total dana akan dibagi . Sebagian akan digunakan untuk membeli rumah tua, dan sebagian untuk menata ulang, jika diperlukan," tandasnya.

Palese mengatakan merger tahun 2019 dengan komunitas yang berdekatan untuk menciptakan kota Presicce-Acquarica yang lebih besar, telah mewariskannya dengan uang ekstra untuk memastikan proyek tersebut dapat berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.

"Setelah merger, sesuai hukum Italia, wilayah kami yang lebih luas akan diberkati dengan lebih banyak dana publik, kira-kira 1.000.000 euro per tahun selama beberapa tahun ke depan, yang ingin kami investasikan untuk merevitalisasi distrik lama," terang Palese.

Bersama-sama, Presicce dan Acquarica sekarang memiliki sekitar 9.000 penduduk, tetapi hanya setengah dari populasi yang tinggal di bagian komunitas yang lebih tua.

Balai kota telah meluncurkan skema lain untuk memikat lebih banyak penduduk, termasuk tunjangan pajak untuk mendirikan kegiatan bisnis baru dan bonus bayi untuk keluarga dengan anak-anak.

Agar memenuhi syarat untuk insentif 30.000 euro, pembeli harus tinggal di Presicce dan membeli salah satu properti pilihan yang dibangun sebelum tahun 1991, yang telah dipetakan oleh pihak berwenang.

Menurut Palese, harga rumah mulai dari 500 euro per meter persegi. Sekitar 25.000 euro seharusnya cukup untuk mengamankan hunian seluas 50 meter persegi yang membutuhkan beberapa perbaikan.

Presicce menelusuri sejarahnya hingga abad pertengahan, ketika pemukiman menyebar di sekitar benteng Saracen yang dibangun oleh para biarawan yang menggali ruang bawah tanah, dan pabrik zaitun bawah tanah sebagai tempat berlindung bagi para penyintas serangan bajak laut.

Itu mendapatkan reputasi sebagai "kota emas hijau" Puglia untuk kebun zaitun subur yang menghasilkan minyak zaitun extra virgin premium, berkembang selama Renaisans sebagai wilayah kekuasaan yang makmur, juga dikenal dengan perdagangan anggur, keju dan ternaknya yang berkualitas.

Kota Presicce
Salah satu sudut kota Presicce (Wikimedia Commons/Pepemanuele)

Banyak penduduk setempat yang tinggal di bawah tanah, menggali gua di medan berbatu Presicce.

Di bawah piazza utama dan palazzo Baroque yang mewah terdapat jaringan 23 ruang rahasia dan pabrik zaitun tempat para petani, yang dikenal sebagai trappettari, menghabiskan waktu berbulan-bulan selama musim panen, menekan buah zaitun di pabrik batu yang didorong oleh keledai.

Banyak bangunan bersejarah memiliki akses pribadi ke ruang bawah tanah tempat pabrik besar masih berdiri. Tur berpemandu melalui kota bawah tanah adalah daya tarik wisata.

Di distrik kuno, jalan-jalan lebar yang anggun disilangkan oleh gang-gang sempit yang berkelok-kelok. Bangunan-bangunan berwarna emas yang didekorasi dengan megah dengan balkon besi tempa dan halaman dalam berbaur dengan tempat tinggal putih sederhana.

Ada palazzo fresco, kapel, dan kolom nazar yang dibangun oleh borjuasi pedesaan yang kaya dari batu putih kemerahan. Ada juga vecchi curti (halaman tua) adalah tempat tinggal khas yang terletak di dua lingkungan indah di pusat tua yang disebut Corciuli dan Padreterno dengan taman pribadi, pabrik bawah tanah, pohon jeruk dan tanaman eksotis.

Pedesaan Presicce menawarkan yang terbaik dari Puglia pedesaan, dengan kapel batu kuno berbentuk kubah soliter, ruang bawah tanah Bizantium, kebun zaitun dengan batang pohon bengkok yang besar, dinding batu kering keunguan, dan pertanian pedesaan berbenteng di mana keluarga petani pernah hidup di bawah perlindungan penguasa yang kuat untuk melarikan diri serangan bajak laut.

Adapula Rute trekking dan bersepeda bersantai melalui pemandangan tanah pedesaan yang dihiasi dengan ladang penggembalaan domba dan benteng batu yang terbengkalai.

Sementara, garis pantai murni Salento, yang terbentang di antara lokasi tepi laut Gallipoli dan Santa Maria di Leuca, sangat dekat.