Gus Amik, Ketua Tim Pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman di Pilkada Surabaya Tutup Usia
ILUSTRASI/Pixabay

Bagikan:

SURABAYA - Kabar duka menyelimuti tim pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman. Ketua Tim Pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman, Miratul Mukminin atau Gus Amik meninggal dunia.

"Iya benar, beliau meninggal dunia tadi malam," kata Direktur Media Tim Pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman, Imam Syafii, dikonfirmasi, Senin, 14 Desember.

Imam belum mengetahui pasti penyebab meninggalnya Gus Amik. Dia hanya mengatakan Gus Amik dirawat di ICU RS beberapa hari sebelum hari pemungutan suara Pilkada Surabaya pada 9 Desember 2020.

"Kami tidak tahu penyebabnya, karena waktu itu konsentrasinya di tanggal 9 Desember. Kami tidak tanya-tanya soal itu, dan beliau masuk RS beberapa hari sebelum pencoblosan," kata Imam.

Jenazah Gus Amik langsung dibawa ke Magetan untuk dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran, Magetan. 

"Dimakamkan di magetan PSM Takeran Magetan. Malam ini pak MA menggelar tahlilan di rumahnya di Jalan WR Supratman," kata Imam. 

Gus Amik merupakan tokoh Pimpinan Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran, Magetan. Gus Amik juga aktif di dunia politik sejak menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dua periode. Kemudian sebagai Wakil Bupati Magetan. 

Pada pemilu 2019 lalu, Gus Amik juga didapuk sebagai salah satu koordinator Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN). Gerakan tersebut merupakan salah satu motor pemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.