Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan DPR hingga saat ini belum menerima surat presiden (surpres) calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang dikirimkan Presiden Joko Widodo. Menurut kabar, Istana akan mengirimkan surpres hari ini. 

"Perlu saya sampaikan bahwa sampai hari ini, itu surpres dari presiden belum kita terima," ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 23 November. 

Ketua Harian Gerindra itu berharap, surpres tersebut dapat diterima oleh pimpinan DPR secepatnya.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah masuk ke DPR," kata Dasco.

Dasco memastikan, DPR akan langsung memproses pergantian Panglima TNI apabila surat tersebut sudah masuk. Komisi teknis terkait, kata dia, akan segera diminta melakukan fit and proper test dan mengesahkan nama calon panglima yang dipilih Jokowi sebelum masa reses DPR. 

"Kalau sudah masuk kita akan proses sesuai mekanisme yang berlaku agar apa yang diharapkan, tidak ada pelanggaran undang-undang. Kita nanti minta supaya surat diproses sesuai mekanisme, tapi dengan waktu yang cepat, begitu," jelasnya.

"Mengingat waktu kita mau reses, ini kan tanggal 15 Desember sehingga kita akan upayakan proses-proses itu berjalan sampai sebelum kita reses," kata Dasco.