Jelang Kedatangan Wapres Ma'ruf Amin ke Kaimana, Pemkab Gelar Rapat
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemkab Kaimana, Papua Barat, menggelar rapat persiapan menyambut kunjungan kerja Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember.

Bupati Kaimana Freddy Thie di Kaimana, mengatakan dalam kunjungan kerja selama dua hari di Kaimana, Wapres Ma'ruf dijadwalkan akan meresmikan fasilitas foot court di Taman Jokowi-Iriana di Kota Kaimana.

Rombongan Wapres direncanakan tiba di Kaimana pada 30 November setelah terlebih dahulu singgah di Ambon Provinsi Maluku, Jayapura Papua, Merauke Papua Selatan dan Timika Papua Tengah.

"Bapak Wapres akan terlebih dahulu menikmati panorama senja di Kota Kaimana dan menjalankan beberapa agenda internal, melaksanakan salat di salah satu masjid dan menginap di Kaimana," kata Bupati Freddy dikutip dari Antara, Rabu 23 November.

Keesokan harinya yaitu tanggal 1 Desember 2022, Wapres diagendakan menerima Gubernur Papua Barat dan para Bupati serta tokoh masyarakat se-wilayah Bomberay, meresmikan food court, menyapa warga dan melanjutkan perjalanan menuju Biak Provinsi Papua, Makassar dan kembali ke Jakarta.

Menyambut kedatangan orang nomor dua RI itu, Pemkab Kaimana telah membentuk panitia lokal melibatkan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan jajaran forkopimda setempat yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana Donald R. Wakum.

Bupati Freddy meminta semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan memberikan dukungan penuh bagi suksesnya kegiatan kunjungan kerja Wapres di Kaimana.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita harus bersyukur bahwa Kabupaten Kaimana ini pernah dikunjungi Bapak Presiden Jokowi (pada 27 Oktober 2019) dan kali ini dikunjungi oleh Bapak Wakil Presiden. Artinya, ini sudah lengkap. Bapak Presiden pernah datang dan Wakil Presiden juga pernah datang," ujar Freddy yang sehari-hari akrab disapa Kaibus.

Dalam rangka menyambut kedatangan Wapres di Kaimana, Pemkab setempat mengimbau warga Kaimana untuk menjaga kebersihan lingkungan di seputar Kota Kaimana. Apalagi Pemkab Kaimana menargetkan tahun depan daerah itu bisa meraih Piala Adipura.

Sehubungan dengan itu, panitia akan melakukan pembersihan di beberapa titik strategis yang menjadi lokasi utama kegiatan kunjungan kerja Wapres.