Ketua F-NasDem DPR Bantah Tertawakan Kepala BMKG yang Berlindung di Bawah Meja saat Gempa, Ini Penjelasannya
Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Roberth Rouw/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR dari Fraksi NasDem Roberth Rouw membantah dirinya menertawakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang berlindung di bawah meja saat terjadi gempa Cianjur.

Menurut Roberth, dirinya menertawakan semua yang mengikuti rapat bukan kepala BMKG saja. Sebab, yang lain tidak ada yang berlindung di bawah meja saat gempa terjadi. Bahkan, politikus NasDem itu sempat mencari-cari Dwikorita lantaran tiba-tiba menghilang. 

"Sempat menjadi viral karena saya katanya tertawain Kepala BMKG. Yang saya tertawain itu kita (hadirin di ruang rapat). Karena saya cari Ketua BMKG di mana? Ternyata beliau di dalam, di bawah kursi. Tapi saya lihat, di semua ini tidak turun juga, dari Basarnas tidak ada, dari BMKG di belakang semua di atas ya kan. Apalagi dari anggota, kami tidak tahu," ujar Robert di gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa, 22 November. 

Justru, kata Roberth, dia setuju dengan imbauan kepala BMKG untuk berlindung. Tapi melihat sekelilingnya hanya diam dia menjadi bingung. 

 

"Ternyata begitu Ibu Ketua sampaikan ini harus turun, saya kan bilang benar. Ternyata kami ini tidak tahu ya kan, jangan kami anggota Dewan, yang ada di belakang tidak ada satupun yang ikut turun," ungkapnya. 

 

"Berarti Ibu Kepala ini betul-betul dia taat kepada apa yang menjadi concern di dalam. Selalu BMKG menyampaikan bagaimana tindakan-tindakan untuk menghadapi gempa, terutama di dalam gedung," sambung Ketua Fraksi NasDem itu. 

Legislator dapil Papua ini pun meminta agar imbauan Dwikorita menjadi evaluasi bagi semua pihak, terutama anggota BMKG agar selalu menerapkan SOP dalam kehidupan sehari-hari.

"Nah, ini saya mohon juga perhatian untuk seluruh jajaran BMKG. Jangan selalu memberikan Informasi mengajarkan masyarakat, tapi begitu kena gempa sendiri tidak lakukan itu. Ya, betulkan?," kata Roberth Rouw. 

 

Dilihat dari kanal YouTube Komisi V DPR Channel, Roberth Rouw yang memimpin rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala BMKG/BNNP/Basarnas tertawa saat melihat Dwikorita bersembunyi di bawah meja rapat sebagaimana petunjuk kedaruratan bila terjadi gempa.

"Gempa," ujar Roberth Rouw tertawa.

“Ini BMKG bikin gempa ini,” sambungnya juga tertawa.

“Mohon maaf kalau ada gempa bersembunyi di bawah meja,” kata Dwikorita menjelaskan usai guncangan gempa tak lagi terasa.

Ketua Fraksi NasDem lantas meminta mitra kerja yang lain ikut mencontoh Kepala BMKG.

“Harus ikut kepala BMKG, Basarnas belum ikut, BMKG sudah masuk meja,” katanya juga tertawa.

Dwikorita menimpali lagi pernyataan Roberth Rouw soal pentingnya melakukan perlindungan diri saat terjadi gempa.

“Mohon izin sebentar, mohon untuk masuk di bawah meja, kalau sudah tenang, sebaiknya kita keluar, kita jalan dulu saja,” kata Dwikorita.

Roberth Rouw yang memimpin RDP pun mengetok palu skors rapat sekitar pukul 13.23 WIB Senin, 21 November.