Pesawat KF-16 Korsel Jatuh, Pilot Selamat Gunakan Kursi Pelontar
Ilustrasi formasi tempur pasukan gabungan AS-Korsel (@USForcesKorea)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah jet tempur KF-16 Korea Selatan jatuh karena masalah mesin selama misi penerbangan pada hari Minggu 20 November.

Kabar baiknya, pilot berhasil selamat setelah menarik tuas kursi pelontar, kata Angkatan Udara seperti dikutip dari Yonhap News, Senin 21 November.

Pilot jet milik Fighter Wing ke-19 melakukan ejeksi darurat di daerah sekitar 20 kilometer barat Wonju, sekitar 85 km timur Seoul, pada pukul 20.05 waktu setempat.

"Saat ini, pilot tetap aman dan kami sedang berusaha untuk memastikan kerusakan pada warga sipil," kata pejabat militer.

Masih belum diketahui apakah pesawat tempur yang dimaksud adalah KF-16C kursi tunggal atau KF-16D kursi ganda.

Akibatnya, Angkatan Udara Korea Selatan menunda latihan udara dua tahunan, yang awalnya direncanakan untuk pekan ini. Sejumlah pesawat tempurnya dikandangkan akibat kecelakaan jet tempur.

Latihan Soaring Eagle akan dimulai pada hari Senin, tetapi Angkatan Udara memutuskan untuk menjadwal ulang setelah jet KF-16C jatuh karena masalah mesin pada hari Minggu, menyebabkan angkatan bersenjata menghentikan pengoperasian semua pesawat kecuali untuk pengawasan dan aset darurat.