Anies Baswedan Serahkan 3 Calon Sekda DKI, Jokowi Pilih yang Mana?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyerahkan tiga nama calon Sekretaris Daerah DKI kepada Presiden Jokowi, lewat Kementerian Dalam Negeri. Satu dari tiga calon ini akan menggantikan Saefullah yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Tiga nama ini telah melewati serangkaian tes dan dinyatakan lulus seleksi terbuka tahap akhir oleh panitia seleksi Pemprov DKI.

Kepala Badan Kepegawaian DKI, Chaidir menyebut pejabat pembina kepegawaian membuat usulan tiga nama ini, disampaikan kepada Presiden Jokowi untuk proses tes penilaian akhir sebagai dasar penetapan SK pengangkatan jabatan.

"DKI sudah mengirim tiga nama yang terbaik. Silakan tim penilai akhir Presiden Jokowi melalui Kemendagri untuk memilih salah satu dari yang terbaik tersebut," kata Chaidir kepada VOI, Jumat, 11 Desember.

Chaidir mengaku tidak mengetahui bagaimana bentuk penilaian yang dilakukan oleh Jokowi, apakah dalam bentuk tes formal atau keputusan politik. 

"Yang jelas, panitia seleksi DKI sudah mengirim tiga nama yang terbaik untuk tes panitia seleksi Presiden," ucap dia.

Chaidir berharap Jokowi bisa memilih salah satu dari tiga kandidat Sekda DKI sampai bulan Januari 2021. Sebab, masa tugas penjabat (Pj) Sekda DKI akan berakhir setelah tiga bulan menjabat sejak Oktober lalu.

"Diharapkan, Januari kami sudah punya Sekda. Kalau Januari belum diputuskan, jabatan Pj harus diperpanjang. Namun bila kebijakan sana tidak menyetujui, ada pertimbangan lain, bisa menunjuk pejabat eselon 1 yang ada di Kemendagri," ungkap Chaidir.

Berikut adalah tiga nama calon Sekda DKI:

1. Sri Haryati (sedang menjabat sebagai Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI)

2. Marullah Matali (sedang menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan)

3. Sigit Wijatmoko (sedang menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara)