Pascakerusuhan Kabupaten Dogiyai, Papua: Ratusan Warga Diungsikan ke Nabire, Petugas Masih Bersiaga
Petugas membersihkan sisa-sisa kerusuhan di Kabupaten Dogiyai, Papua pada Minggu 13 November 2022. (VOI/Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Aparat kepolisian dan Brimob Polda Papua masih terus melakukan pemantauan dan pengamanan di seluruh tempat kejadian perkara (TKP) kerusuhan di Kabupaten Dogiyai, Papua.

Tempat pembakaran terjadi di 4 titik berbeda, yakni di Jalan Ikebo Bawah yang menghanguskan 3 bangunan atau 17 petak, 2 bangunan atau 50 petak di lawasan Jembatan, 6 bangunan kantor Dinas di Jalan Trans Nabire - Enarotali dan 2 bangunan terdiri dari 13 petal Jalan Trans Nabire - Enarotali.

"Dapat dipastikan bahwa saat ini situasi di Kabupaten Dogiyai berangsur-angsur aman, setelah dilakukan pengamanan yang ketat oleh aparat Kepolisian yang dibantu personel TNI setempat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Minggu, 13 November.

Selain aparat keamanan, sejumlah masyarakat dan anggota keamanan juga mengemas barang berharga yang tersisa dari peristiwa pembakaran pada Sabtu kemarin, 12 November.

"Saat ini sekitar 400 orang masyarakat secara bergiliran menunggu truk untuk mengamankan diri sementara di Kabupaten Nabire," ujarnya.

Sementara para korban akibat peristiwa kerusuhan di Dogiyai juga turut dievakuasi ke Kabupaten Nabire menggunakan pesawat sekitar pukul 08.30 WIT pagi tadi. Mereka dievakuasi untuk segera dilakukan penanganan medis di Rumah Sakit Nabire.

Sebelumnya diberitakan, pascaperistiwa kerusuhan dan pembakaran di Kabupaten Dogiyai, Papua, saat ini situasi kamtibmas berangsur kondusif.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, situasi dapat dikendalikan oleh aparat keamanan yang ada di Kabupaten Dogiyai, Papua sejak Minggu pagi, 13 November.

Saat ini, polisi masih melakukan patroli jalan kaki dan memantau kerusakan akibat aksi anarkis yang dilakukan oleh massa.

"Dari pantauan aparat gabungan yang melakukan patroli terdapat 6 bangunan pemerintahan di Jalan Trans Nabire-Enarotali arah Kampung Ekimanida yang dibakar," katanya saat dihubungi, Minggu, 13 November.