Bagikan:

MENTOK - Satpolairud Polres Lingga mengevakuasi kapal karam yang bermuatan sembako, barang kebutuhan harian, dan bahan bangunan di Pantai Kampung Mentok, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

“Iya benar, kapal tersebut merupakan kapal kayu bernama KM Bintang Jaya Utama 88 yang karam tadi malam, Kamis . Kapal itu bermuatan barang kebutuhan harian, sembako, dan bahan bangunan,” ujar Kasat Polairud Polres Lingga AKP Thomas Charles saat dikonfirmasi di Batam, Antara, Jumat, 11 November. 

Thomas menjelaskan kapal yang diawaki enam orang itu awalnya berlayar dari Jambi hendak menuju Dabo Singkep, Lingga, Kamis sore untuk mengantarkan barang bawaan.

Namun saat hampir sampai di pelabuhan, katanya, air laut masuk ke dalam palka kapal.

“Melihat ada kebocoran di bawah palka kapal, nakhoda dan anak buah kapal mencoba memompa air, tapi tidak berkurang dan nakhoda kemudian berinisiatif mengandaskan kapal ke tepi pantai untuk menghindari kapal tenggelam di laut dalam,” katanya.

Malamnya sekitar pukul 22.30 WIB, kata dia, personel Satpolairud Polres Lingga menerima laporan dari Polsek Dabo Singkep bahwa adanya kapal karam dan langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan dan penyelamatan.

“Saat kami sampai, kapal sudah tenggelam separuh badan dan kami langsung melakukan evakuasi,” ucapnya.

Thomas menyebutkan akibat kejadian itu hanya sebagian barang-barang di atas kapal yang bisa diselamatkan. “Korban jiwa tidak ada, kerugian diperkirakan mencapai Rp800 juta,” katanya.